Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Labuan Bajo Targetkan 1 juta Wisatawan hingga Akhir 2023

Kompas.com - 20/09/2023, 15:00 WIB
Nansianus Taris,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LABUAN BAJO KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) menargetkan sebanyak satu juta wisatawan berkunjung ke Labuan Bajo hingga akhir 2023.

Salah satu upaya yang terus dilakukan adalah membuka rute penerbangan baru dari beberapa destinasi yang dianggap potensial ke Bandara Internasional Komodo. 

"Apabila pemerintah pusat membuka jalur penerbangan baru ke daerah yang potensial maka target kunjungan wisatawan hingga satu juta orang bisa tercapai," ungkap Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (20/9/2023).

Baca juga:

Beberapa rute penerbangan baru yang diharapkannya dapat segera dibuka seperti Labuan Bajo-Makassar, Labuan Bajo-Lombok dan Labuan Bajo-Sumba. 

Keberadaan rute-rute tersebut menurutnya bakal memudahkan para wisatawan yang datang melalui kawasan Timur.

Selain itu, ia juga berharap ada penurunan harga tiket pesawat. Sebab, lanjut Edistasius, penambahan rute baru dan penurunan harga tiket pesawat dinilai memperbesar peluanh target satu juta wisatawan dapat tercapai. 

"Apabila Kota Labuan Bajo bersih dan didukung dengan transportasi yang murah maka para wisatawan yang datang berkunjung menjadi lebih betah dan nyaman, bahkan semakin banyak yang datang berwisata ke Labuan Bajo," tuturnya. 

 Baca juga:

Ia juga berharap agar Kementerian Perhubungan dapat menyediakan kapal laut untuk melayani secara reguler transportasi masyarakat yang ada di wilayah pesisir dan kepulauan.

Ini seperti ke Mesa, Komodo, Papagarang, dan Rinca. 

Dengan menyediakan kapal yang bisa setiap hari, maka wisatawan akan semakin mudah mengelilingi wilayah Manggarai Barat, terutama di pesisir dan kepulauan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com