Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Semakin Gemar Diving dan Snorkeling di Labuan Bajo

Kompas.com - 16/09/2023, 08:06 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Aktivitas snorkeling dan diving atau menyelam semakin disukai wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan (Disparekrafbud) Kabupaten Manggarai Barat mencatat, angkanya meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

"Jumlah kunjungan dari Juli ke Agustus meningkat untuk dua aktivitas menyelam itu," kata Kepala Disparekrafbud, Pius Baut di Labuan Bajo, Jumat (15/9/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: 5 Fakta Labuan Bajo di NTT, dari Lokasi hingga Oleh-oleh

Berdasarkan data Disparekrafbud Kabupaten Manggarai Barat, angka wisman yang melakukan diving di Labuan Bajo mencapai 1.840 orang pada Agustus 2023. Angka ini naik dari bulan sebelumnya, yakni 1.466 orang.

Sementara wisman yang melakukan snorkeling mencapai 765 orang pada Agustus 2023, naik dari bulan sebelumnya yang hanya 518 orang.

Titik menyelam di Labuan Bajo

Menurut Pius, sedikitnya ada 52 titik menyelam di Labuan Bajo, yang tersebar di pulau-pulau kecil yang masuk ke kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

Pink Beach di Komodo National Park. SHUTTERSTOCK/PRAWAT THANANITHAPORN Pink Beach di Komodo National Park.

Beberapa di antaranya adalah Pulau Sabolo dan Manta Point.

Pulau Sabolo populer dengan keindahan pasir putih dan airnya yang sebening kristal. Ketika menyelam, wisatawan juga bisa menikmati panorama bawah laut yang memesona dengan beragam terumbu karangnya.

Baca juga: 9 Wisata Pantai Labuan Bajo NTT, Ada Waecicu dan Long Beach

Sedangkan Manta Point lebih cocok sebagai spot aktivitas snorkeling. Jika beruntung, wisatawan bisa secara langsung melihat Manta, yakni spesies ikan pari terbesar di dunia.

Selain keduanya, wisatawan juga bisa menyelam di Pink Beach, yang populer dengan pantainya yang memiliki hamparan pasir berwarna merah muda, atau Pulau Bidadari.

Demi menambah jumlah kunjungan, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat juga terus melakukan promosi di berbagai media sosial, bekerja sama dengan pemangku kepentingan, dan berkolaborasi dengan agen-agen perjalanan.

Baca juga: 4 Rekomendasi Spot Diving di Labuan Bajo NTT

Hal itu salah satunya untuk menambah masa tinggal (length of stay) dan pengeluaran para wisatawan ketika berada di Labuan Bajo.

"Tentunya ini berdampak pada pendapatan asli daerah kita," ungkapnya.

@kompastravel Siapa suka wisata yanam mangrove?? ???? Mimin baru aja ikutan nih di TWA Mangrove Angke Kapuk. Tapi selain di sini, ternyata ada beberapa tempat lainnya yang juga bisa kita kunjungin untuk ikutan tanam mangrove! #mangrovepik #mangrove #tanammangrove ? original sound - Travel Kompascom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com