Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Kapal Wisata Tenggelam, Check In Pelabuhan Labuan Bajo Akan Satu Pintu

Kompas.com - 26/07/2023, 16:10 WIB
Nansianus Taris,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LABUAN BAJO KOMPAS.com - Pelabuhan Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menerapkan check in satu pintu untuk kapal-kapal wisata.

Hal ini dilakukan sebagai respons dari maraknya kasus kapal wisata tenggelam di perairan Taman Nasional Komodo Labuan Bajo.

Menurut Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina, nantinya akan disediakan terminal khusus.

“Semua kapal wisata tidak akan diizinkan mengambil penumpang di luar terminal Pelabuhan Labuan Bajo. Harus melalui check in di Pelabuhan Labuan Bajo untuk memastikan semua penumpang berlayar dengan kapal yang legal," ujar Shana di Labuan Bajo, pada Rabu (26/7/2023).

Baca juga:

Shana mengungkapkan, selama ini kapal wisata yang mengangkut wisaatwan ke Taman Nasional Komodo bertolak dari lokasi yang berbeda-beda.

Dampak buruknya, manifes penumpang sebagian kapal wisata tersebut tidak diketahui pasti oleh pihak syahbandar.

"Kami sudah sepakat perlu ada satu pintu untuk pelayanan embarkasi (keberangkatan) wisatawan ketika mau naik ke atas kapal, sehingga kami bisa tahu kapal itu layak dan jumlah penumpangnya sesuai manifest atau tidak," sambungnya.

Baca juga:

Menurut Shana, sistem satu pintu atau one gate system akan dimatangkan dalam satu pekan ke depan atau selesai pada awal Agustus 2023.

Sebab, lanjut dia, fasilitas di Pelabuhan Labuan Bajo sudah mendukung untuk penerapan sistem tersebut.

“Di Pelabuhan Labuan Bajo sudah tersedia ruang tunggu penumpang. Jadi tinggal mematangkan sistemnya dalam waktu dekat ini. Awal Agustus ini, sistem one gate mulai berlaku dan wajib,” tuturnya.

@kompastravel Yahh enggak ketemu hantunya ???? Gapapaa. Masih bisa foto-foto juga kok di sini. The Red Door ini ada sampai tanggal 19 Juli 2023 ya guys! Lokasinya di Sarinah. Mengutip dari Sonypicturesid, Weekdays: 15.00-21.00 Sabtu: 08.00-21.00 Minggu: 07.00-21.00 Siapa nih yang mau ketemu setan Insidious? #insidious #insidiousthereddoor #jakartaviral #sarinahthamrin ? suara asli - Travel Kompascom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com