Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kapal Gratis ke TN Komodo dari Labuan Bajo, Ini Jadwalnya

Kompas.com - 15/07/2023, 11:33 WIB
Nansianus Taris,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Wisatawan dari Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Komodo bisa naik kapal Pelni tanpa dipungut biaya.

Bernama KM Gandha Nusantara 20, kapal tersebut beroperasi dua kali sepekan yakni Senin dan Sabtu, dengan tujuan Pulau Rinca.

Baca juga:

"Satu hari dia dua kali berlayar. Di pagi dari pukul 04.00-07.00 (Wita) dan sore pukul 13.00-16.00 (Wita). Kapal ini gratis pergi pulang," kata Kepala Pelni Cabang Labuan Bajo, Fitriyaningsih saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (15/7/2023).

Ia melanjutkan, para penumpang dan muatannya tidak dikenakan biaya. Akan tetapi, mereka wajib mengantongi surat vaksin Covid-19.

"Batas maksimal kapal ini 56 penumpang," tambahnya.

Baca juga: 182.276 Wisatawan Kunjungi Taman Nasional Komodo Sepanjang 2022

Rangka biawak komodo di Pusat Informasi Niang Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).Dok. Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) Rangka biawak komodo di Pusat Informasi Niang Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Fitriyani menyampaikan, kapal ini terbuka bagi pelaku perjalanan yang ingin ke Pulau Rinca.

"Ini terbuka utk seluruh masyarakat yg ingin ke Pulau Rinca. Tidak ada syarat khusus karena ini free (gratis) dan tidak menggunakan tiket," katanya.

Baca juga:

Sebagai informasi, Pulau Rinca merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Komodo. Salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi di pulau tersebut adalah Pusat Informasi Niang Komodo atau Museum Niang Komodo.

Di museum tersebut, sebagaimana dilaporkan Kompas.com, Minggu (11/12/2022), wisatawan bisa mempelajari satwa komodo melalui peta topografi, diorama, dan dua rangka komodo.

Baca juga: Jalur Trekking Loh Buaya di Taman Nasional Komodo Dibuka 1 April 2023

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com