Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Goa Batu Cermin, Spot Wisata Daratan Paling Diminati di Labuan Bajo

Kompas.com - 30/06/2023, 17:05 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Selain Taman Nasional Komodo (TNK), ada tempat wisata lain di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang banyak dikunjungi wisatawan saat ke Labuan Bajo.

Salah satunya adalah Goa Baru Cermin. Goa ini adalah spot wisata unggulan yang terletak di pusat kota Labuan Bajo.

Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Pius Baut, menjelaskan bahwa berdasarkan data, Goa Batu Cermin merupakan spot wisata paling diminati wisatawan hingga berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD) di daerah itu.

Baca juga: Wisata ke Mangrove Nanga Rosok di Labuan Bajo, Naik Perahu dan Lihat Satwa Langka

"Wisata ini paling banyak dikunjungi wisatawan, diduga karena jarak tempuhnya lebih dekat yang hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit dari Pelabuhan dan Bandara Komodo Labuan Bajo," kata Pius di Labuan Bajo, Jumat (30/6/2023).

Selain akses, fasilitas pendukung yang kian banyak di spot wisata itu membuat wisatawan menarik untuk berkunjung ke goa yang berada di Kota Labuan Bajo itu.

Baca juga: Wisatawan Diminta Tetap Transaksi Pakai Mata Uang Rupiah di Labuan Bajo

"Goa ini memang eksotik. Hampir semua wisatawan mengakui itu. Sebuah goa yang terletak di dalam kota eksotisme yang luar biasa," ujarnya.

Ia membeberkan bahwa pada tahun 2023, total kunjungan ke Goa Batu Cermin mencapai 4.267 wisatawan.

Foto : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi serta menjelajahi salah satu destinasi wisata dalam kota yang rencananya akan menjadi salah satu tempat berlangsungnya rapat side event G20 yaitu Gua Batu Cermin, pada Jumat  (28/01/2022).Dokumen Kemenparekraf Foto : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi serta menjelajahi salah satu destinasi wisata dalam kota yang rencananya akan menjadi salah satu tempat berlangsungnya rapat side event G20 yaitu Gua Batu Cermin, pada Jumat (28/01/2022).

Dari jumlah itu tecatat, wisatawan mancanegara ada 969, wisatawan lokal 2026, dan wisatawan nusantara 1.282 orang.

"PAD dari Goa Batu Cermin tahun 2022 sebanyak Rp 104.120.000," ungkapnya.

Baca juga: Desa Wisata Bakal Jadi Andalan Baru Labuan Bajo untuk Gaet Wisatawan

Ia menambahkan, tahun 2023 tingkat kunjungan diprediksi meningkat karena banyak event besar digelar di Labuan Bajo termasuk KTT Asean.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com