Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trenggalek Kini Punya Taman Laut Bioreeftek, Pilihan Wisata Konservasi

Kompas.com - 26/07/2023, 13:19 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kabupaten Trenggalek di Jawa Timur kini memiliki Taman Laut Bioreeftek, yang ditanami lebih dari 300 terumbu karang buatan dan hasil transplantasi.

Lokasinya ada di kawasan Pantai Mutiara, Trenggalek.

"Taman Laut Karang Tresno ini diharapkan mampu menjadi salah satu daya tarik wisata baru di perairan Teluk Prigi," ujar Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin usai meresmikan Taman Laut Bioreeftek Karang Tresno di Pantai Mutiara, Selasa (25/7/2023), seperti dikutip dari Antara. 

Peresmian ditandai dengan penanaman transplantasi terumbu karang.

Sebanyak lebih dari 300 terumbu karang disemai di atas batok-batok kelapa, lalu ditanam di dasar perairan dangkal Pantai Mutiara.

Baca juga:

Arifin berharap, keberadaan taman laut ini juga bisa menjadi spot wisata baru yang dapat menambah manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. 

Hal itu dinilai memungkinkan. Sebab, meskipun Pantai Mutiara berada di pesisir selatan, kata Arifin, ombaknya tidak seekstrem pantai pesisir selatan lain. 

Oleh karena itu, ia meminta fasilitas penunjang ditambah untuk memudahkan akses wisatawan. 

"Untuk mewujudkan itu, kami meminta fasilitas pendukung ke destinasi taman laut tersebut ditambah sehingga dapat diakses secara mudah oleh wisatawan," tambahnya.

Baca juga:

Arifin berharap, wisatawan yang datang tidak hanya para penyelam profesional atau peminat wisata konservasi, tetapi juga masyarakat umum. Sehingga edukasi seputar konservasi dan bahari bisa sekaligus disebarkan. 

"Jadi, tidak hanya penyelam profesional saja, penyelam amatir atau pemula juga bisa melakukan penyelaman, meskipun dengan pengawasan. Semoga nanti alatnya bisa ditambah lebih banyak," ucap dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com