Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2023, 17:14 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Masyarakat dan wisatawan diperingatkan agar mewaspadai ubur-ubur bluebottle jika hendak beraktivitas di Pantai Sanur, Denpasar, Bali.

Dikutip dari Antara, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Ida Bagus Mayun mengatakan, kemunculan ubur-ubur bluebottle ini adalah fenomena tahunan.

Fenomena itu disebabkan oleh angin yang berembus kencang selama Juli hingga September, sehingga menyebabkan ubur-ubur yang biasanya berada di dalam laut terbawa angin menuju tepi pantai.

"Ini merupakan fenomena alam, karena angin kencang ubur-ubur jenis ini dibawa ke tepi pantai," ucapnya, seperti dikutip dari Antara, Jumaat (15/9/2023).

Baca juga:

Ida Bagus mengimbau masyarakat yang mandi atau berwisata di Pantai Sanur untuk menghindari kontak atau bersentuhan dengan ubur-ubur tersebut karena dapat menyebabkan gatal atau efek lainnya.

Pihaknya bersama para nelayan telah bekerja sama untuk melaksanakan pembersihan sekaligus bersinergi untuk mengawasi keberadaan ubur-ubur bluebottle tersebut.

"Kami mengimbau kepada pengunjung Pantai Sanur untuk lebih waspada, menghindari kontak langsung. Nelayan jika masih menemukan (ubur-ubur) agar dapat dibantu untuk dibersihkan di perairan Pantai Sanur," tuturnya.

Sekilas tentang ubur-ubur bluebottle

Jenis ubur-ubur bluebottle juga kerap ditemukan di beberapa daerah perairan lain. Salah satunya di Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dikutip dari situs Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY, ubur-ubur ini juga dikenal dengan nama krawe, leteh, atau impes.

Ubur-ubur bluebottle atau Physalia utriculus memiliki bentuk menyerupai gelembung, berwarna biru, dan memiliki tentakel panjang kebiruan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com