Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pantai di Madura yang Terkenal, Punya Hamparan Pasir Putih 

Kompas.com - 24/08/2023, 16:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Madura merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah timur laut Pulau Jawa yang terpisahkan dengan Selat Madura. Wisatawan yang hendak ke Madura  bisa menyeberang melalui Jembatan Suramadu sepanjang 5.438 meter, yang menghubungkan Surabaya dan Madura. 

Pulau yang dikelilingi lautan ini memiliki sejumlah pantai yang indah. Pantai-pantai di Madura memiliki pasir putih serta air laut biru jernih.

Baca juga:

Sebagian pantai, menawarkan panorama bawah laut yang indah sehingga cocok untuk snorkeling.

Wisata pantai di Madura 

Kompas.com merangkum wisata pantai di Madura yang terkenal di kalangan wisatawan, sebagai berikut.

1. Pantai Sambilangan 

Pantai Sambilangan, Bangkalan, MaduraShutterstock/Untung Simardjo Pantai Sambilangan, Bangkalan, Madura

Panta ini berada di sisi barat Pulau Madura, tepatnya di Desa Sambilangan, Kabupaten Bangkalan. Daya tarik pantai ini adalah keberadaan mercusuar peninggalan Belanda, berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki.

Mercusuar yang berdiri pada 1879 itu, tingginya sekitar 78 meter dan terdiri dari 17 lantai. Pantai Sambilangan menyuguhkan pemandangan indah dan eksotis.

2. Pantai Siring Kemuning 

Masih berada di Kabupaten Bangkalan, wisata pantai selanjutnya adalah Pantai Siring Kemuning. Tepatnya di Desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan.

Daya tarik Pantai Siring Kemuning adalah air biru kehijauan dan hamparan pasir putih kecokelatan, berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki. 

Selain itum terdapat pepohonan di bibir pantai yang menambah daya tariknya. Sayangnya, terjadi penambangan pasir di Pantai Siring Kemuning sehingga hamparan pasirnya mulai berkurang.

Baca juga:

3. Pantai Rongkang 

Pantai Rongkang mempunyai daya tarik yang membedakannya dengan pantai di Madura lainnya. Ciri khas tersebut adalah bebatuan kecil yang menutupi pantai, berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki.

Selain bebatuan kecil di pantai, wisatawan juga akan menjumpai batuan karang di pinggiran pantai. Nama pantai ini berasal dari bahasa Madura ngrongkang yang berarti berlubang.

Asal usul nama tersebut lantaran batuan karang di pinggir pantai berlubang akibat abrasi. Lokasi Pantai Rongkang berada di Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, atau sekitar 5 km dari Jembatan Suramadu.

4. Pantai Gili Labak

Pantai di Pulau Gili Labak, MaduraWikimedia Commons Pantai di Pulau Gili Labak, Madura

Kabupaten Sumenep, Madura memiliki pantai yang tidak kalah menarik dibandingkan pantai di Kabupaten Bangkalan. Salah satunya adalah Pantai Gili Labak.

Keindahan Pantai Gili Labak sudah terkenal di kalangan wisatawan. Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil di Desa Kombang, Kabupaten Sumenep.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (6/10/2022), pulau ini hanya dihuni sekitar 38 kepala keluarga (KK). Daya tarik pantai di Pulau Gili Labak adalah pasir putih serta air laut berwarna biru kehijauan.

Selain itu, Pulau Gili Labak punya panorama bawah laut yang indah, mulai dari biota laut maupun karang. Oleh sebab itu, pantai ini menjadi spot untuk snorkeling.

5. Pantai Slopeng 

Pantai Slopeng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pantai slopeng memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan keindahan sunset. direktoripariwisata.id Pantai Slopeng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pantai slopeng memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan keindahan sunset.

Pantai Slopeng memiliki daya tarik yaitu hamparan pasir luas yang membentang sepanjang 6 km, berdasarkan informasi dari Kompas.com (12/6/2023).

Sementara, pasir Pantai Slopeng cukup unik lantaran berwarna putih kehitam-hitaman. Terdapat pepohonan kelapa di sekeliling pantai yang menambah daya tariknya.

Ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Slopeng, seperti berenang, duduk santai di tepi pantai, wisata kuliner, dan berkuda di pantai. Lokasi Pantai Slopeng berada di Jalan Raya Ambunten KM 17, Desa Samaan, Kecamatan Dasun, Kabupaten Sumenep. 

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com