Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

33 Tempat Wisata di Madura, Ada Pantai dan Bukit Kapur

Kompas.com - 04/09/2023, 23:05 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Madura merupakan sebuah pulau yang berada di sebelah timur laut Pulau Jawa yang dipisahkan oleh Selat Madura. Wilayah yang dijuluki Pulau Garam ini, mempunyai banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari pantai, bukit, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata religi. Wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Madura, bisa menyeberang melalui Jembatan Suramadu dari Surabaya.

Baca juga:

Secara administratif, Pulau Madura masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Pulau Madura terbagi menjadi empat kabupaten, meliputi Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Tempat wisata di Madura 

Kompas.com merangkum tempat wisata di Madura sebagai berikut. Meliputi wisata pantai, pulau kecil yang eksotis, wisata sejarah dan budaya, wisata religi, dan fenomena alam yang unik.

Wisata pantai di Madura 

1. Pantai Sambilangan

Pantai Sambilangan, Bangkalan, MaduraShutterstock/Untung Simardjo Pantai Sambilangan, Bangkalan, Madura

Panta ini berada di sisi barat Pulau Madura, tepatnya di Desa Sambilangan, Kabupaten Bangkalan. Daya tarik pantai ini adalah keberadaan mercusuar peninggalan Belanda, berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki.

Mercusuar yang berdiri pada 1879 itu, tingginya sekitar 78 meter dan terdiri dari 17 lantai. Mercusuar ini didirikan oleh Z.M. William III, seorang pimpinan kolonial Belanda yang berfungsi untuk mengawasi lalu lintas di perairan Selat Madura.

2. Pantai Siring Kemuning 

Masih berada di Kabupaten Bangkalan, wisata pantai selanjutnya adalah Pantai Siring Kemuning. Tepatnya di Desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan.

Daya tarik Pantai Siring Kemuning adalah air biru kehijauan dan hamparan pasir putih kecokelatan, berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki

Selain itu, terdapat pepohonan di bibir pantai yang menambah daya tariknya. Sayangnya, terjadi penambangan pasir di Pantai Siring Kemuning sehingga hamparan pasirnya mulai berkurang.

3. Pantai Rongkang 

Pantai Rongkang mempunyai daya tarik yang membedakannya dengan pantai di Madura lainnya. Ciri khas tersebut adalah bebatuan kecil yang menutupi pantai, berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki.

Selain bebatuan kecil di pantai, wisatawan juga akan menjumpai batuan karang di pinggiran pantai. Nama pantai ini berasal dari bahasa Madura ngrongkang yang berarti berlubang.

Asal usul nama tersebut lantaran batuan karang di pinggir pantai berlubang akibat abrasi. Lokasi Pantai Rongkang berada di Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, atau sekitar 5 km dari Jembatan Suramadu.

4. Pantai Slopeng 

Pantai Slopeng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pantai slopeng memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan keindahan sunset. direktoripariwisata.id Pantai Slopeng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pantai slopeng memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan keindahan sunset.

Pantai Slopeng memiliki daya tarik yaitu hamparan pasir luas yang membentang sepanjang 6 km, berdasarkan informasi dari Kompas.com (12/6/2023).

Sementara, pasir Pantai Slopeng cukup unik lantaran berwarna putih kehitam-hitaman. Terdapat pepohonan kelapa di sekeliling pantai yang menambah daya tariknya.

Ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Slopeng, seperti berenang, duduk santai di tepi pantai, wisata kuliner, dan berkuda di pantai. Lokasi Pantai Slopeng berada di Jalan Raya Ambunten KM 17, Desa Samaan, Kecamatan Dasun, Kabupaten Sumenep. 

5. Pantai Lombang 

Pantai Lombang di MaduraShutterstock/Uekifoy Pantai Lombang di Madura

Daya tarik Pantai Lombang adalah pasir putih dan lembut, berdasarkan informasi dari Kompas.com (16/9/2015). Selain itu, terdapat deretan cemara udang di pesisir pantai.

Cemara udang khas Pantai Lombang, hampir tak ditemukan di daerah lain. Konon, pohon cemara udang tersebut dibawa oleh prajurit China pada abad ke-15 saat melakukan ekspedisi ke Madura.

Lokasi Pantai Lombang berada di Dusun Lebbak, Desa Dapenda, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep.

Baca juga:

6. Pantai Ponjuk Timur 

Pantai di Madura selanjutnya adalah Pantai Ponjuk Timur. Lokasinya berada di Desa Padike, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep.

Pantai ini berada di Pulau Talango, yakni pulau kecil di Kabupaten Sumenep. Untuk mencapai lokasi Pulau Talango, wisatawan harus menyeberang menggunakan tongkang atau perahu motor dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

Pantai Ponjuk Timur masih sangat alami dan tenang. Terdapat bebatuan dan tebing karang di sepanjang pesisir pantai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com