Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Letak Madura yang Dijuluki Pulau Garam? 

Kompas.com - 04/09/2023, 13:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Madura merupakan sebuah pulau yang terkenal di Indonesia. Nama Madura identik dengan Suku Madura yang tersebar di berbagai wilayah maupun makanan khas Madura, yakni sate Madura.

Pulau Madura memiliki sejarah panjang. Madura yang mulanya dikuasai oleh raja-raja lokal, kemudian ditaklukkan oleh Raja Mataram, Sultan Agung pada 1624, seperti dikutip dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur.

Baca juga:

Sebagai daerah taklukan Kerajaan Mataram, Madura tidak memiliki kebebasan dalam pemerintahan atau pengaturan daerah. Oleh sebab itu, kerap timbul pemberontakan dari pangeran-pangeran di Madura terhadap Raja Mataram, salah satunya adalah perlawanan dari Raden Trunojoyo.

Tidak banyak yang tahu bahwa Madura pernah menjadi sebuah negara. Negara Madura dibentuk pada 23 Januari 1948 atas rekayasa Belanda. Namun kemudian, Negara Madura dibubarkan pada 9 Maret 1950 lantaran rakyat Madura ingin kembali ke NKRI.

Lantas, di mana letak Pulau Madura? Apa daya tarik pulau ini? Simak ulasannya berikut ini seperti dihimpun Kompas.com.

Di mana letak Madura

Peta Provinsi Jawa Timur dan Pulau MaduraShutterstock/Rainer Lesniewski Peta Provinsi Jawa Timur dan Pulau Madura

Madura merupakan sebuah pulau yang berada di sebelah timur laut Pulau Jawa. Pulau Jawa dan Pulau Madura dipisahkan oleh Selat Madura.

Secara administratif, Pulau Madura masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Pulau Madura terbagi menjadi empat kabupaten, meliputi Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Untuk menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura, telah dibangun Jembatan Suramadu sepanjang 5.438 meter, yang diresmikan pada 2009 lalu. Jembatan yang melintasi Selat Madura ini, menghubungkan Surabaya di Pulau Jawa dan Kabupaten Bangkalan di Madura.

Baca juga:

Keunikan Pulau Madura adalah bentuknya yang seolah menyerupai badan sapi. Luas Pulau Madura kurang lebih 5.505 kilometer persegi atau sekitar 8 kali wilayah DKI Jakarta.

Selain pulau utama, Madura dikelilingi dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Secara geografis, Pulau Madura memiliki tanah yang kurang subur lantaran terdapat bukit-bukit kapur di pulau ini.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com