Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukit Arosbaya Madura: Harga Tiket, Lokasi, dan Daya Tarik 

Kompas.com - 03/09/2023, 15:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Wisatawan tentunya tidak asing dengan keindahan Antelope Canyon di Arizona, AS. Antelope Canyon adalah sebuah ngarai yang memiliki tebing eksotis berwarna coklat dengan lorong yang terbentuk akibat erosi.

Ternyata, ada obyek wisata di Indonesia yang menyerupai Antelope Canyon Arizona, lho. Adalah Bukit Kapur Pelalangan Arosbaya atau Bukit Arosbaya yang berlokasi di Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Baca juga:

Lantas, apa daya tarik Bukit Arosbaya? Simak ulasannya berikut ini seperti dihimpun Kompas.com dari website Pesona Indonesia dan Tribun Travel.

Daya tarik Bukit Arosbaya

Bukit Kapur Pelalangan Arosbaya atau Bukit Arosbaya yang berlokasi di Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.
Shutterstock/Widarman Bukit Kapur Pelalangan Arosbaya atau Bukit Arosbaya yang berlokasi di Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Bukit Arosbaya merupakan bekas lahan tambang kapur yang diubah menjadi obyek wisata. Berbeda dengan bukit kapur kebanyakan yang berwarna putih, Bukit Arosbaya justru menawarkan hamparan bukit berwarna coklat keemasan.

Sekilas, panorama di Bukit Arosbaya akan mengingatkan wisatawan dengan Antelope Canyon Arizona. Bedanya, jika Antelope Canyon Arizona berupa ngarai gersang, Bukit Arosbaya ditumbuhi banyak tumbuhan paku dan pepohonan rindang.

Bebatuan kapur berwarna coklat tersebut dihiasi dengan pahatan bekas tambang yang membentuk relief cantik. Perpaduan antara bukit berwarna coklat keemasan dan relief tersebut memberikan pemandangan yang eksotis.

Bukit Arosbaya menjadi salah satu wisata favorit para pencinta fotografi. Ada banyak spot foto di Bukit Arosbaya yang menyajikan pemandangan eksotis, sehingga kerap dijadikan lokasi prewedding.

Semakin berjalan ke dalam, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Ada beberapa goa di dalam bukit yang bisa dikunjungi wisatawan untuk berfoto.

Adapula tebing-tebing dengan relief pahatan dengan berbagai ukuran. Pemandangan di sekitar pun masih sangat alami.

Sayangnya, obyek wisata ini belum dilengkapi dengan fasilitas penunjang wisata yang memadai seperti toilet, mushola, atau warung penjual makanan dan minuman.

Baca juga:

Harga tiket Bukit Arosbaya

Harga tiket Bukit Arosbaya sangat ramah kantong, yakni hanya Rp 5.000 per orang. Selain tiket masuk, wisatawan yang membawa kendaraan harus membayar tarif parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Sebagai catatan, harga tiket Bukit Arosbaya dapat berubah sewaktu-waktu bergantung kebijakan pengelola.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com