Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2023, 11:58 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumatera Utara mencapai 17.612 orang pada Juli 2023, atau meningkat 5,67 persen dibanding Juni 2023.

Adapun peningkatan jumlah kunjungan wisman ke provinsi tersebut secara garis besar terlihat sejak awal 2023. Secara tahunan, persentase peningkatannya sebesar 134,26 persen. 

Baca juga:

"Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas dan daya tarik destinasi-destinasi wisata," ujar Kepala Badan Pusat Stastistik (BPS) Sumatera Utara (Sumut), Nurul Hasanudin, dikutip dari Antara, Minggu (3/9/2023).

Pariwisata di Sumatera Utara dinilai membaik, tapi...

Jalan akses wisata rohani menuju Patung Yesus Kristus di Puncak Bukit Sibea-bea, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.Dok. Kementerian PUPR. Jalan akses wisata rohani menuju Patung Yesus Kristus di Puncak Bukit Sibea-bea, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Peningkatan jumlah kunjungan wisman ke Sumatera Utara sejak Januari 2023 disebut menunjukkan iklim pariwisata di provinsi tersebut yang membaik. 

Rinciannya pada Januari 2023 tercatat ada 14.195 wisman yang berkunjung, lalu pada Februari 2023 meningkat jadi 15.241 wisman, kemudian pada Maret 2023 ada 16.196 wisman.

Namun, pada bulan April 2023 angkatnya sedikit menurun menjadi 16.151 wisman, lalu pada Juni 2023 meningkat jadi 16.667 wisman.

Baca juga:

Akan tetapi, Nurul mengatakan, total wisman yang mengunjungi Sumatera Utara pada Juli 2023 dinilai masih jauh lebih kecil jika dibandingkan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia yang mencapai 1,122 juta orang. 

"Artinya jumlah wisatawan asing yang ke Sumut pada Juli 2023 masih 1,5 persen dari jumlah secara nasional. Itu artinya, kualitas pariwisata Sumut perlu diperbaiki. Paling tidak, kita seharusnya bisa mendatangkan lima persen dari total itu," jelasnya.

Halaman:
Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com