Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Wisata Berastagi Sumatera Utara, Ada Pagoda Tertinggi di Indonesia 

Kompas.com - 20/07/2023, 23:35 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kawasan Berastagi merupakan salah satu destinasi wisata populer di Sumatera Utara. Daerah ini masuk wilayah Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara yang berbatasan dengan Sibolangit.

Berada di ketinggian 1.300 mdpl, menjadikan kawasan Berastagi berhawa sejuk. Selain itu, Berastagi diapit oleh dua gunung berapi aktif yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, sehingga memiliki sejumlah mata air panas alami.

Baca juga:

Kondisi geografis tersebut menjadikan Berastagi memiliki banyak destinasi wisata dengan panorama indah.

Tempat wisata di Berastagi Sumatera Utara 

Berikut sejumlah tempat wisata di Berastagi Sumatera Utara seperti dihimpun Kompas.com. Salah satu obyek wisata tersebut berupa pagoda tertinggi di Indonesia.

1. Mikie Funland

Salah satu wahana di Mikie Funland, theme park terbesar di Sumatera Utara yang berlokasi di Berastagi, Kabupaten Karo.Dok. Mikie Funland Salah satu wahana di Mikie Funland, theme park terbesar di Sumatera Utara yang berlokasi di Berastagi, Kabupaten Karo.

Mikie Funland merupakan taman bermain atau theme park pertama sekaligus terbesar di Sumatera Utara. Obyek wisata seluas 12 hektare ini  memiliki lebih dari 35 wahana permainan.

Theme park yang berdiri sejak 10 Oktober 2000 ini, berada dalam satu kawasan dengan Mikie Holiday Resort. Beberapa wahana populer di kalangan wisatawan antara lain Bon Voyage, Dolphin Bay, Tsunami, Buzz Coaster, Jelly Swing, Sea Battle, Sea Monster, The Falls, dan The Wave.

Harga tiket Mikie Funland terbagi menjadi tiket reguler dan VIP, dengan harga mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 200.000 per orang. Mikie Funland hanya buka pada Sabtu dan Minggu (weekend) serta high season, mulai dari pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB.

2. Taman Alam Lumbini 

Taman Alam Lumbuni di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang terinspirasi dari Pagoda Shwedagon di MyanmarDok. https://www.tamanalamlumbini.org/ Taman Alam Lumbuni di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang terinspirasi dari Pagoda Shwedagon di Myanmar

Taman Alam Lumbuni terinspirasi dari Pagoda Shwedagon di Myanmar. Pagoda yang selesai dibangun pada 2010 ini, memiliki tinggi  46,8 meter, panjang 68 meter, dan lebar 68 meter.

Dengan ketinggian tersebut, Taman Alam Lumbuni menjadi pagoda tertinggi di Indonesia, seperti dikutip dari laman resminya. Lokasinya berada di Barus Jahe, Berastagi, Dolat Rayat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Taman Alam Lumbini juga terbuka bagi wisatawan umum. Pengunjung bisa menjumpai berbagai ribuan patung Buddha dari berbagai negara.

3. Pemandian Air Hangat Pariban

Berada di dataran tinggi dan diapit dua gunung, menjadikan wilayah Berastagi memiliki sejumlah pemandian air hangat dari sumber alami.

Salah satunya adalah pemandian air hangat Pariban yang berada di Desa Semangat Gunung, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sembari berendam, pengunjung bisa menyaksikan panorama perbukitan di sekeliling pemandian air hangat Pariban.

Terdapat kolam pemandian air hangat untuk dewasa dan anak-anak, seperti dikutip dari Tribun Medan. Selain itu, obyek wisata ini dilengkapi dengan penginapan, gazebo, serta wahana ATV.

Baca juga:

4. Pemandian Air Hangat Puncak DP 

Wisata pemandian air hangat lainnya di Berastagi adalah Puncak DP. Lokasinya berada di  Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. 

Obyek wisata ini memiliki kolam renang untuk anak-anak dan dewasa serta dilengkapi dengan wahana seluncuran. Pemandian air hangat Puncak DP berada di kawasan yang asri serta dikelilingi perbukitan sehingga pemandangannya indah.

Selain pemandian air hangat, obyek wisata ini memiliki fasilitas penginapan, gazebo, dan spot foto.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com