Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Turis Asing ke Labuan Bajo Naik berkat Acara Internasional

Kompas.com - 08/09/2023, 06:06 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada bulan Agustus 2023 mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Pius Baut, kenaikan jumlah wisman tersebut berkat sejumlah perhelatan internasional yang digelar di daerah itu.

Baca juga:

"Salah satu penyebab kenaikan jumlah wisman karena efek dari berbagai kegiatan internasional yang diselenggarakan di Labuan Bajo," tutur Pius, dikutip dari Antara, Kamis (7/9/2023). 

Sebagai informasi, berdasarkan data dari Dinas Pariwisata setempat, jumlah kunjungan wisman ke Labuan Bajo pada Agustus 2023 mencapai 5.748 orang. 

Angka tersebut menunjukkan peningkatan dari bulan Juli 2023 yang sebanyak 5.056 orang, serta bulan Juni 2023 yang sebanyak 3.536 orang. 

Baca juga:

Faktor high season

Ilustrasi perairan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dok. Shutterstock/Muan Sibero Ilustrasi perairan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain berkat perhelatan internasional, peningkatan kunjungan wisman ke Labuan Bajo juga berhubungan dengan high season atau musim liburan pada bulan Agustus dan September.

Gua Batu Cermin dan Cunca Wulang termasuk tempat wisata di Labuan Bajo yang mencatat kenaikan jumlah kunjungan wisman. 

Wisman yang mengunjungi Gua Batu Cermin pada bulan Juli 2023 sebanyak 1.023 orang, sedangkan pada bulan Agustus 2023 meningkat menjadi 1.225 orang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com