Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Waringin Labuan Bajo Buka untuk Wisatawan Besok, Catat Tarif Masuknya

Kompas.com - 28/08/2023, 13:10 WIB
Nansianus Taris,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Puncak Waringin, destinasi berburu matahari terbenam (sunset) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali dibuka untuk wisatawan umum mulai besok, Selasa (29/8/2023).

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Manggarai Barat, Pius Baut mengtakan, Pemkab Manggarai Barat melalui Dinas Parekraf akan mengelola destinasi yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Oktober 2021 itu.

"Mulai esok wisatawan bisa masuk dan menikmati sunset di Puncak Waringin," ujar Pius Baut di Labuan Bajo, Senin (28/8/2023).

Baca juga: Puncak Waringin, Tempat Iriana Jokowi Sambut Pendamping Pemimpin Negara ASEAN

Ia mengatakan, wisatawan yang masuk ke Puncak Waringin akan membayar retribusi masuk yang dibedakan untuk wisatawan Nusantara dan mancanegara.

Berikut rincian retribusi masuk ke Puncak Waringin:

  • Wisatawan mancanegara: Rp 50.000
  • Wisatawan Nusantara: Rp 20.000
  • Wisatawan lokal: Rp 10.000

Pius pun mengajak semua wisatawan agar bisa mengunjungi spot wisata tersebut.

Baca juga: Puncak Waringin, Tempat Terbaik Nikmati Senja di Labuan Bajo NTT

Untuk diketahui, pembukaan Puncak Waringin untuk pengunjung umum sempat tertunda-tunda. 

Dikutip dari Kompas.com (5/12/2022), pembukaan sempat direncanakan pada awal 2023.

"Paling lambat Januari 2023. Sementara waktu kita serahkan ke Perumdan Bidadari untuk mereka kelola, sehingga wisatawan bisa menikmati spot wisata itu," kata Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi kepada awak media di Labuan Bajo, Sabtu (3/12/2022).

Pucnak Waringin, Labuan Bajo, Nusa Tenggara TimurKOMPAS.com/Hilda B Alexander Pucnak Waringin, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Meski sudah diresmikan sejak Oktober 2021, selama ini hanya orang-orang tertentu saja yang bisa masuk ke spot wisata tersebut.

Baca juga: 5 Fakta Labuan Bajo di NTT, dari Lokasi hingga Oleh-oleh

Misalnya, tempat ini sempat menjadi lokasi penyambutan lima pendamping pimpinan negara anggota ASEAN yang dilakukan oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo ketika Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42, seperti dikutip dari Kompas.com, (11/5/2023).

@kompastravel Kurang lebih seperti itu ya guys gambaran pengeluaran untuk ke Banda Neira.. Kamu tinggal menyesuaikan saja dengan jumlah hari dan lain-lain. Kalau mau beli oleh-oleh, harganya bervariasi sesuai produk yak. Gambarannya, gelang kain di Rp. 35.000, gantungan kunci di Rp. 20.000, tenun khas ambon ukuran kecil Rp 85.000 Jadi, kapan nih kamu betolak ke Banda Neira? #bandaneira #bandaneiramaluku #wisatamaluku #travelbudget ? Ghibli-style nostalgic waltz - MaSssuguMusic
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com