Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menuju Teras Malioboro 1, Bisa Naik Trans Jogja

Kompas.com - 21/10/2023, 16:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika sedang berlibur ke Yogyakarta dan mencari tempat oleh-oleh yang lengkap, kamu bisa berkunjung ke Teras Malioboro. 

Teras Malioboro merupakan tempat berkumpulnya para pedagang kaki lima (PKL) yang sebelumnya berjualan di pinggir jalanan Malioboro. 

"Yang dijual sama seperti yang dulu ada di jalanan Malioboro. Tas, baju, pernak-pernik, makanan juga ada," kata Komandan Keamanan Teras Malioboro 1, Andriyanto atau akrab dipanggil Andri, di lokasi, Jumat (13/10/2023).

Baca juga: Belanja Oleh-oleh Khas Yogya di Teras Malioboro 1, Banyak Pilihan

Produk yang dijual di tempat ini adalah produk yang sama yang bisa ditemukan di pinggir Jalan Malioboro. Mulai dari suvenir, kerajinan tangan, batik, kaos oblong, topi, sandal, hingga kuliner.

Terdiri dari Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2, kamu bisa memilih Teras Malioboro 1 jika ingin mencari tempat dengan aneka kuliner dan spot foto sekaligus di satu tempat. 

Bagian dalam Teras Malioboro 1 di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (13/10/2023).KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Bagian dalam Teras Malioboro 1 di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (13/10/2023).

Cara menuju Teras Malioboro 1

Teras Malioboro 1 berlokasi di gedung eks-Bioskop Indra, tepatnya di seberang Pasar Beringharjo. Alamatnya di Jalan Margo Mulyo, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Ada beberapa alternatif transportasi untuk menuju Teras Malioboro 1. Di antaranya Trans Jogja dan kereta api atau KRL.

Baca juga: 6 Tips Belanja Oleh-oleh Yogya di Teras Malioboro 1, Bawa Uang Tunai

Trans Jogja melalui sejumlah rute yang menghubungkan beberapa wilayah di Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Beberapa rute Trans Jogja tersebut berhenti di halte sepanjang Jalan Malioboro.

Halte Trans Jogja paling dekat dengan Teras Malioboro 1 ada di depan Gedung Agung. Setelah turun, lanjut jalan kaki beberapa menit ke Teras Malioboro 1.

Jika naik Trans Jogja, kamu bisa bertanya kepada petugas di halte bus mana yang bisa ditumpangi untuk sampai ke Malioboro.

Baca juga: 4 Aktivitas Berkunjung ke Teras Malioboro 1, Belanja dan Berfoto

Trans Jogja beroperasi setiap hari, mulai pukul 05.30 WIB sampai dengan 21.30 WIB, berlaku untuk semua koridor.

Jadwal tersebut berlaku mulai 1 Januari 2023, berdasarkan informasi dari akun Instagram @transjogja_official.

Area kuliner di Teras Malioboro 1, Yogyakarta, pada Jumat (13/10/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Area kuliner di Teras Malioboro 1, Yogyakarta, pada Jumat (13/10/2023).

Jika berangkat dari luar kota, misalnya Solo, kamu juga bisa menaiki kereta untuk tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta.

Dari Stasiun Tugu, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 1,3 kilometer dalam waktu 18 menit untuk mencapai Teras Malioboro 1. Kamu bisa sekalian jalan-jalan sekaligus berhoto dan menikmati suasana Malioboro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com