Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Main ke Museum Sumpah Pemuda, Mampir Saat Akhir Pekan

Kompas.com - 27/10/2023, 06:11 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap 28 Oktober masyarakat Indonesia memperingati hari bersejarah, yaitu Hari Sumpah Pemuda. Salah satu cara untuk merayakannya yaitu datang langsung ke lokasi perumusan Sumpah Pemuda, yakni di Museum Sumpah Pemuda.

Tidak hanya menjadi lokasi penetapan ikrar Sumpah Pemuda, Museum Sumpah Pemuda juga menjadi saksi bisu lagu "Indonesia Raya" untuk pertama kalinya dikumandangkan oleh WR. Supratman menggunakan biolanya.

"Kalau kita masuk ke ruang Kongres Pemuda II, kita seperti diajak ke masa 95 tahun yang lalu, ketika Kongres Pemuda II dilaksanakan di sini," kata pemandu di Museum Sumpah Pemuda, Fathul, kepada Kompas.com di Museum Sumpah Pemuda, Rabu (25/10/2023).

Baca juga: Mengenal Tempat Lahirnya Sumpah Pemuda di Jakarta yang Dulunya Kos-kosan

Museum Sumpah Pemuda berlokasi di Jalan Kramat Raya Nomor 106, RT.2/RW.9, Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Jika hendak berkunjung, museum buka setiap hari kecuali Senin dan Libur Nasional, mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Harga tiket masuk Museum Sumpah Pemuda dibanderol mulai dari Rp 1.000 per orang untuk anak-anak, mulai dari Rp 2.000 untuk dewasa, dan mulai dari Rp 10.000 untuk wisatawan mancanegara.

Apabila dalam waktu dekat hendak berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Baca juga:

Tips berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda 

1. Datang saat akhir peka

Berdasarkan informasi dari Fathul, jelang Hari Sumpah Pemuda dan akhir tahun, biasanya Museum Sumpah Pemuda ramai dikunjungi oleh grup karyawisata sekolah.

"Biasanya kalau sudah masuk akhir tahun, apalagi ini mau mendekati Hari Sumpah Pemuda, situasinya memang seperti ini (ramai), karena sekolahan sudah punya waktu untuk classmeeting" kata Fathul.

Maka dari itu, jika pengunjung mencari suasana yang tidak terlalu ramai disarankan datang pada akhir pekan.

Baca juga:

2. Minta bantuan pemandu museum

Tidak semua rangkaian sejarah Sumpah Pemuda dijelaskan secara detail di dalam Museum Sumpah Pemuda. Sebagian besar didominasi oleh visual berupa patung yang dipajang di dalam ruangan.

Ruangan Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Ruangan Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

Guna mengetahui lebih detail seputar sejarah di Museum Sumpah Pemuda, sebaiknya mintalah bantuan pemandu museum saat berkeliling, supaya cerita sejarah yang diperoleh lebih lengkap.

Baca juga: 4 Koleksi Menarik Museum Sumpah Pemuda, Ada Biola W.R. Supratman

@kompastravel Jalan-jalan ke IKN Nusantara, mesti lewat jalan darat dulu dari Balikpapan sekitar dua jam, nih! Setelah sampai, bisa foto-foto dulu di Titik Nol IKN Nusantara buat kenang-kenangan ???? Kalau mau berkunjung sebaiknya datang pagi ya, biar matahari nggak terlalu terik ???? Gimana, penasaran nggak ada tempat wisata apa aja di IKN? komen di bawah ini, ya! #ikn #nusantara #wisataindonesia #wisataikn #iknnusantara ? Trip - Axero

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com