Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Wisata Agro Kaligua Brebes 

Kompas.com - 27/10/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Wisata Agro Kaligua merupakan salah satu destinasi wisata populer di Kabupaten Brebres. Obyek wisata alam ini menawarkan keindahan panorama hamparan kebun teh seluas 620 hektare.

Baca juga: Sirah Pemali Brebes, Wisata Mata Air di Tengah Hutan Pinus

Koordinator Wisata Agro Kaligua, Suroso mengatakan, kebun teh Kaligua merupakan wisata alam sekaligus wisata sejarah dan budaya. Sebab. kebun teh Kaligua ini sudah ada sejak 1832 pada masa kolonial Belanda.

“Sejak dibuka, lahan perkebunan teh Kaligua pengelola awalnya Belanda. Ketika Jepang masuk Indonesia, tanaman teh dirusak kemudian diganti tanaman pangan, semacam jagung dan singkong. Lalu, kembali jadi kebun teh ketika Belanda masuk lagi ke Indonesia,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (26/10/2023).

Pada 2003, wisata kebun teh Kaligua mulai dikelola secara komersial oleh PTPN IX bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Brebes.

Hamparan kebun teh di Wisata Agro Kaligua, Brebes, yang merupakan kebun teh legendaris sejak zaman Belanda.
Shutterstock/Silviasih Hamparan kebun teh di Wisata Agro Kaligua, Brebes, yang merupakan kebun teh legendaris sejak zaman Belanda.

Tak hanya menikmati pemandangan hamparan kebun teh hijau, wisatawan yang berkunjung akan disuguhi panorama Gunung Slamet dan Gunung Cermai. Saat menjelajahi area kebun teh Kaligua, wisatawan bisa menjumpai Goa Jepang yang merupakan saksi bisu kerja paksa romusha pada masa penjajahan Jepang.

Wisata Agro Kaligua juga memiliki spot populer yakni Puncak Sakub, yang merupakan lokasi tertinggi di kawasan kebun teh ini di ketinggian 2.050 mdpl. Wisatawan juga akan menjumpai jembatan kayu di atas dan tuk bening alias mata air yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit.

“Lokasi tuk bening di tengah kebun teh Kaligua, jadi satu pintu masuk ke arah Goa Jepang, sekitar 300 meter dari Goa Jepang,” kata Suroso.

Baca juga: 5 Kegiatan Wisata di Rest Area KM 260B Brebes, Bisa Foto Instagramable

Wisata Agro Kaligua juga menawarkan wisata edukasi pengolahan teh. Suroso mengatakan, wisatawan dapat melihat pengolahan teh langsung di pabrik yang merupakan peninggalan Belanda.

Jika ingin berkunjung, lokasi Wisata Agro Kaligua berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Sebelum berkunjung, simak dulu informasi harga tiket masuk dan jam buka Wisata Agro Kaligua Brebes berikut ini. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com