Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Agro Kaligua, Kebun Teh Legendaris di Brebes

Kompas.com - 27/10/2023, 08:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kabupaten Brebes memiliki wisata kebun teh legendaris, yakni Wisata Agro Kaligua yang berlokasi di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Kebun teh seluas 620 hektare ini, menawarkan pemandangan latar belakang Gunung Slamet, gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Dikenal sebagai kebun teh legendaris, lantaran perkebunan teh ini didirikan sejak zaman kolonial Belanda, pada 1832. Koordinator Wisata Agro Kaligua, Suroso mengatakan, kebun teh Kaligua baru dibuka secara komersial pada 2003.

Baca juga:

Adapun lahan kebun teh Kaligua merupakan milik PTPN IX, yang dikelola bersama dengan pemerintah Kabupaten Brebes.

“Sebelum diresmikan di 2003, sebetulnya mulai 1990-an itu sudah banyak pengunjung ke kebun teh Kaligua, tapi kami belum manfaatkan secara komersial. Barulah pada 2003 kami resmikan (secara komersial) dan bekerja sama dengan pemerintah daerah,” jelas Suroso kepada Kompas.com, Kamis (25/10/2023).

Berada di ketinggian 1.500-2.050 mdpl, Wisata Agro Kaligua tidak hanya menawarkan pemandangan indah hamparan kebun teh, tetapi juga udara sejuk. Dari puncak kebun teh, wisatawan bisa menyaksikan panorama Gunung Slamet dan Gunung Cermai.

Dengan keindahan tersebut, tidak heran jika Wisata Agro Kaligua menjadi salah satu destinasi populer untuk melepas penat. Selain panorama alam, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan wahana dan fasilitas wisata yang melengkapi kunjungan wisatawan.

Puncak Sakub dan Goa Jepang 

Puncak Sakub, puncak tertinggi di kebun teh Wisata Agro Kaligua, Brebes, yang merupakan kebun teh legendaris sejak zaman Belanda.
Shutterstock/Wahyu Suryo Puncak Sakub, puncak tertinggi di kebun teh Wisata Agro Kaligua, Brebes, yang merupakan kebun teh legendaris sejak zaman Belanda.

Salah satu spot populer di Wisata Agro Kaligua adalah Puncak Sakub. Suroso mengatakan, Puncak Sakub adalah puncak tertinggi di kawasan Wisata Agro Kaligua di ketinggian 2.050 mdpl.

Dari lokasi inilah, wisatawan bisa menyaksikan panorama Gunung Slamet dan Gunung Cermai, khususnya di pagi hari.

“Kebanyakan wisatawan naik Puncak Sakub pada pagi hari, setelah Subuh untuk melihat matahati terbit. Jadi Gunung Slamet bisa kelihatan utuh sampai ke kaki gunung,” ujarnya.

Namun, ia mengimbau wisatawan tidak melakukan camping di kawasan Puncak Sakub lantaran lokasinya jauh dari pengawasan pengelola dan berada dekat hutan lindung yang rawan binatang buas.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com