Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Wisata Dekat Sirah Pemali Brebes, Ada yang Mirip Selandia Baru 

Kompas.com - 21/10/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Sirah Pemali merupakan salah satu wisata alam di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Wisata yang dikelola oleh Bumdes Berkah Makmur Desa Winduaji ini, memiliki daya tarik mata air di tengah hutan pinus.

Baca juga:

Direktur Bumdes Berkah Makmur Desa Winduaji, Bagus Handoko mengatakan, mata air di Sirah Pemali tersebut mengaliri Sungai Pemali yang merupakan sungai terpanjang di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

“Ada lima mata air itu ada di tengah hutan pinus, (menjadi) sumber air Sungai Pemali di Jawa Tengah, yang mengalir dari selatan ke utara,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (18/10/2023).

Wisata alam Sirah Pemali di Brebes, yaitu wisata mata air di tengah hutan pinus yang dilengkapi dengan beragam wahana dan fasilitas. 
Dok. Sirah Pemali Brebes Wisata alam Sirah Pemali di Brebes, yaitu wisata mata air di tengah hutan pinus yang dilengkapi dengan beragam wahana dan fasilitas.

Selain mata air dan hutan pinus, Sirah Pemali menawarkan atraksi wisata lainnya seperti kolam renang, danau buatan, camping ground, wisata kuliner, dan taman kelinci.

Jika ingin berkunjung, obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Harga tiket masuk Sirah Pemali dibanderol Rp 10.000, pada weekday dan weekend, tapi belum termasuk wahana berbayar di dalamnya.

Tempat wisata dekat Sirah Pemali 

Wisatawan yang berkunjung ke Sirah Pemali, dapat melanjutkan perjalanan ke sejumlah destinasi wisata di sekitarnya. Kompas.com merangkum tempat wisata dekat Sirah Pemali Brebes, sebagai berikut:

1. Waduk Penjalin 

Waduk Penjalin, salah satu wisata di Kabupaten Brebes, Jawa TengahWikimedia Commons Waduk Penjalin, salah satu wisata di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Waduk Penjalin merupakan salah satu wisata alam populer di Kabupaten Brebes. Lokasinya masih berada dalam satu desa dengan Sirah Pemali, yakni Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes.

Waduk yang berbatasan dengan Kabupaten Banyumas ini, dibangun pada 1930-an oleh pemerintah Hindia Belanda. Fungsinya, untuk menampung air dari salah satu anak Sungai Pemali, yakni Sungai Penjalin, sehingga diberi nama Waduk Penjalin.

Selain menikmati panorama waduk, wisatawan bisa menikmati suasana sejuk dari pepohonan rindang di sekitar waduk. Pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi area Waduk Penjalin.

Waduk Penjalin berjarak sekitar 1,8 kilometer (km) dari Sirah Pemali atau sekitar empat menit berkendara.

2. Curug Kali Kawung 

Curug Kali Kawung di Kabupaten BanyumasDok. http://krajan.desa.id/ Curug Kali Kawung di Kabupaten Banyumas

Air terjun alias Curug Kali Kawung masuk wilayah Kabupaten Banyumas. Meskipun beda kabupaten, namun jaraknya dari Sirah Pemali hanya tiga km atau sembilan menit berkendara.

Berdasarkan informasi dari situs Pemerintah Kabupaten Banyumas, Curug Kali Kawung memiliki ketinggian sekitar 400 kaki atau sekitar 121 meter. Saat memasuki kawasan curug, pengunjung dapat menikmati pemandangan hijau dari hamparan sawah yang luas.

Dalam perjalanan menuju Curug Kali Kawung, pengunjung dapat menikmati pemandangan Kecamatan Ajibarang, Banyumas dari atas bukit. Aliran curug sangat eksotis karena terdapat bebatuan alami di tengahnya.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com