Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Wisata Sirah Pemali Brebes

Kompas.com - 18/10/2023, 23:17 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Sirah Pemali merupakan salah satu obyek wisata alam di Brebes, Jawa Tengah yang berupa mata air di tengah hutan pinus seluas 21 hektare. Wisata alam yang buka pada Oktober 2021 ini, dikelola oleh Bumdes Berkah Makmur Desa Winduaji.

Baca juga:

Direktur Bumdes Berkah Makmur Desa Winduaji, Bagus Handoko mengungkapkan, terdapat lima mata air (atau disebut tuk dalam bahasa Jawa) di kawasan wisata ini.

“Sirah Pemali adalah wisata alam, ikonnya ada mata air yang mengaliri Sungai Pemali, kemudian ada danau kecil, wahana, dan hutan pinus,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (18/10/2023).

Wisata alam Sirah Pemali di Brebes, yaitu wisata mata air di tengah hutan pinus yang dilengkapi dengan beragam wahana dan fasilitas. 
Dok. Sirah Pemali Brebes Wisata alam Sirah Pemali di Brebes, yaitu wisata mata air di tengah hutan pinus yang dilengkapi dengan beragam wahana dan fasilitas.

Kelima mata air tersebut, merupakan hulu Sungai Pemali, yang merupakan sungai terpanjang di Kabupaten Brebes, sekitar 125,4 kilometer (km). Sungai Pemali mengalir dari selatan ke utara Jawa Tengah, kemudian bermuara di Laut Jawa. 

Saat berkunjung ke Sirah Pemali, wisatawan bisa menikmati kesegaran mata air tersebut. Konon, kata Handoko, warga yang berenang di mata air tersebut bakal awet muda.

“Kedalamannya sekitar 1,5 meter, jadi cukup dangkal,” ujarnya.

Selain mata air dan hutan pinus, Sirah Pemali memiliki sejumlah atraksi wisata lainnya seperti danau kecil, wahana permainan air, area kemah (camping ground), kolam renang anak, taman kelinci, aula, gazebo, restoran, dan fasilitas umum, seperti toilet, mushola, dan area parkir.

Jika ingin berkunjung, lokasinya berada di Desa Winduaji, Kec. Paguyangan, Kabupaten Brebes. Sebelum berkunjung, simak dulu informasi harga tiket dan jam buka wisata Sirah Pemalii Brebes, berikut ini.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com