Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Museum Sumpah Pemuda Naik Kendaraan Pribadi

Kompas.com - 30/10/2023, 13:01 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Museum Sumpah Pemuda merupakan lokasi berlangsungnya Kongres Pemuda II pada 27-28 Oktober 1928, yang pada putusannya mengeluarkan tiga ikrar bernama Sumpah Pemuda.

Beralamat di Jalan Kramat Raya Nomor 106, RT 2/ RW 9, Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Museum ini beroperasi setiap hari kecuali Senin dan Libur Nasional, mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

"Kalau kita masuk ke ruang Kongres Pemuda II, kita seperti diajak ke masa 95 tahun yang lalu, ketika Kongres Pemuda II dilaksanakan di sini," kata pemandu di Museum Sumpah Pemuda, Fathul, kepada Kompas.com di Museum Sumpah Pemuda, Rabu (25/10/2023).

Baca juga:

Calon pengunjung bisa naik kendaraan umum dan kendaraan pribadi untuk tiba di museum ini. Simak salah satu cara jika naik kendaraan pribadi.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Cara ke Museum Sumpah Pemuda naik kendaraan pribadi

Museum Sumpah Pemuda punya tempat parkir kendaraan yang cukup memadai, sehingga memungkinkan pengunjung untuk parkir jika naik kendaraan pribadi ke museum.

Lokasi Museum Sumpah Pemuda cukup strategis karene terletak di pusat kota, yakni sekitar 4,2 kilometer jaraknya dari Monumen Nasional.

Jika naik kendaraan pribadi dari arah Monas, dari depan Museum Nasional Indonesia, kamu bisa menyusuri Jalan Merdeka Barat ke arah Patung Arjuna Wiwaha (patung kuda). 

Sampai di patung kuda, ambil jalan lurus menyusuri Jalan M.H Thamrin, melewati gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. 

Baca juga:

Jalan lurus hingga bertemu perempatan dan gedung Wisma Mandiri, setelah itu belok kiri mengikuti Jalan Kebon Sirih.

Pengunjung di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat,  Rabu (25/10/2023).Kompas.com/Suci Wulandari Putri Pengunjung di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

Sampai di persimpangan dekat pintu belakang Kedutaan Besar Amerika Serikat, ambil jalur kiri dan lurus terus menyusuri jalan Kebon Sirih sampai bertemu Tugu Tani.

Dari Jalan Kebon Siri, lurus terus mengikuti Jalan Arief Rahman Hakim, lalu masuk ke Jalan Kramat Kwitang hingga bertemu jalan layang Senen.

Baca juga:

Melintasi jalan layang, belok kanan ke arah jalan di depan gedung Polteknik LP3I Jakarta, setelah itu lurus terus menyusuri Jalan Kramat Raya.

Bila sudah sampai di Halte Pal Putih, lurus terus untuk mengambil arah putar balik. Museum Sumpah Pemuda berada di sebelah kiri dari arah kedatangan, tepatnya di sebelah gerai makanan cepat saji McDonald's.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com