Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bidik Potensi Wisata Kapal Pesiar

Kompas.com - 30/10/2023, 17:05 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pemerintah tengah menggenjot wisata kapal pesiar di Bali yang dinilai potensial untuk menarik banyak kunjungan.

Menurut data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), potensi belanja wisatawan segmen khusus ini dapat mencapai hingga 2.000 dollar AS per orang per kunjungan.

“Segmen kapal pesiar itu yang datang orang kaya dan itu diharapkan (belanja) 1.500 hingga 2.000 dollar AS per kunjungan per orang,” ungkap Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu di Pelabuhan Benoa, Bali, Senin (30/10/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: 68 Kapal Pesiar Dijadwalkan Bersandar di Bali Tahun 2024

Potensi belanja wisatawan kapal pesiar itu bahkan dinilai lebih tinggi daripada rata-rata pengeluaran wisatawan asing secara umum, yakni sekitar 1.200 dollar AS per orang per kunjungan.

Pengeluaran tersebut rata-rata dibelanjakan untuk paket tur wisata, transportasi, belanja oleh-oleh, serta kuliner.

Meskipun, durasi kunjungan wisatawan kapal pesiar relatif singkat, yakni rata-rata dua hari satu malam.

Seusai menjalani paket tur wisata, para wisatawan biasanya kembali ke kapal untuk bermalam.

Kendati demikian, dalam satu kali sandar, kapal pesiar biasanya membawa penumpang dalam jumlah besar.

Baca juga: Pertama Kali Naik Kapal Pesiar? Simak 4 Tips Ini

Kapal pesiar Celebrity Solstice berbendera Malta yang sandar di Pelabuhan Benoa Denpasar pada 30-31 Oktober 2023, misalnya, membawa 3.944 orang terdiri dari 2.776 orang penumpang dan 1.168 kru.

Berdasarkan data BUMN Pelindo, pada 2023 sebanyak 50 kapal pesiar mendaftar untuk sandar di Benoa dengan jumlah penumpang mencapai 75.000 dan pada 2024 sebanyak 52 kapal mendaftar dengan penumpang ditaksir mencapai 89.400 orang.

Untuk memanfaatkan peluang ekonomi itu, pemerintah berupaya mengoptimalkan kerja sama antara pelaku pariwisata di Singapura dan China.

Vinsensius berharap, wisatawan kapal pesiar ini dapat membantu mendorong kunjungan wisatawan mancanegara sehingga lebih cepat mencapai target 8,5 juta kunjungan hingga akhir 2023.

Baca juga: 5 Tips Naik Kapal Surabaya-Lombok, Bawa Bekal

Adapun hingga Agustus 2023, tercatat sebanyak 7,43 wisatawan mancanegaraberkunjung di Indonesia.

Wisata kapal pesiar kami harap ada peningkatan 5-10 persen yang berkontribusi terhadap kedatangan wisatawan mancanegara,” tuturnya.

@kompastravel Ternyata di Ibu Kota Nusantara juga ada wisata Taman Mangrove guys! Taman Mangrove ini super cantik apalagi pas sore hari….. Yuk, save informasi ini dan share ke teman kamuu. #ikn #iknnusantara #kalimantanhits #explorekalimantan #wisatakalimantan ? Golden Hour: Piano Version - Andy Morris
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com