Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NTB Bidik Peluang Juara Destinasi Ramah Muslim Dunia 2024

Kompas.com - 01/11/2023, 07:12 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) membidik peluang untuk meraih juara pertama dalam ajang destinasi pariwisata ramah Muslim dunia 2024.

NTB mewakili Indonesia dalam ajang ini setelah sebelumnya meraih peringkat pertama destinasi pariwisata ramah Muslim dalam ajang Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2023.

"Mudah-mudahan NTB yang mewakili Indonesia menjadi juara di tingkat dunia," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Malady di Mataram, Selasa (31/10/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Daftar 20 Destinasi Wisata Halal Terbaik di Dunia 2023, Ada Indonesia

Adapun saat ini menurutnya tengah dilakukan proses penilaian. Pengumuman kemungkinan akan dilakukan pada Mei atau Juni 2024.

Ia menyebutkan, beberapa penilaiannya antara lain akomodasi dan fasilitasnya, toilet, restoran, mushala, makanan, dan keramahtamahan terhadap wisatawan.

Kendati demikian, Jamaluddin mengakui, perjalanan menuju tangga juara memang tidak mudah karena para pesaing juga akan mempersiapkan diri dengan baik.

"Meski begitu kami tetap optimis Indonesia di wakili NTB bisa meraih juara," katanya pula.

Baca juga: Jangan Salah, Wisata Halal dan Wisata Religi Ternyata Beda

Lebih lanjut, Jamaluddin mengatakan, infrastruktur NTB khususnya Pulau Lombok sudah cukup memadai dibandingkan Pulau Sumbawa, khususnya dalam hal fasilitas dan akomodasi.

Meski begitu, pemerintah setempat berupaya meningkatkan kualitas fasilitas dan akomodasi di Sumbawa sehingga dapat menyamai fasilitas yang ada di Lombok.

"Kami bersama pemerintah kabupaten dan kota di NTB terus berusaha mendukung untuk meningkatkan fasilitas dan akomodasi, terutama destinasi wisata dan desa-desa wisata yang ada agar ramah terhadap wisatawan Muslim," tuturnya.

Baca juga: Thailand Perbanyak Layanan Wisata Halal, dari Makanan hingga Aplikasi

Adapun IMTI Awards 2023 adalah program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Bank Indonesia, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), dan Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI).

Dalam ajang IMTI Award 2023 Oktober lalu, NTB berhasil menyingkirkan 15 provinsi lainnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com