Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 7 Tahun, Egypt Air Layani Lagi Rute Mesir-Jakarta PP

Kompas.com - 01/11/2023, 17:10 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Egypt Air kembali melayani rute Kairo-Jakarta-Kairo setelah terakhir tahun 2016, atau tujuh tahun lalu.

Penerbangan yang menghubungkan Bandara Internasional Kairo, Mesir, dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, Tangerang, ini memiliki frekuensi dua kali sepekan.

Baca juga:

"Penerbangan kali ini full capacity (berkapasitas penuh) 270 penumpang. Kami berharap Egypt Air bisa terbang secara daily (harian)," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat Inauguration Flight Egypt Air di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (31/10/2023) malam.

Ia berharap penerbangan langsung Egypt Air dari Kairo ke Jakarta mampu memperkuat kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air.

"Kami berharap ini mampu meningkatkan kualitas fasilitas dan layanan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Bukan hanya kunjungan wisman (wisatawan mancanegara), tapi juga ekspor produk," katanya.

Ia menjelaskan, sektor ekonomi kreatif, seperti bumbu-bumbu atau rempah-rempah dan kopi, menjadi komoditas ekspor ke Mesir.

Baca juga:

Jumlah kunjungan wisatawan asal Mesir

Ilustrasi pesawat Egypt Air.Dok. Wikimedia Commons/Handelsgeselschaft Ilustrasi pesawat Egypt Air.

Menparekraf mengatakan, berdasarkan data sebelum pandemi Covid-19, Mesir menjadi negara penyumbang wisatawan mancanegara ke Indonesia terbesar kedua di antara negara-negara Afrika, setelah Afrika Selatan.

"Jumlah kunjungan wisatawan asal Mesir pada tahun 2019 mencapai 21.354 wisatawan," ujarnya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada tahun 2022, jumlah wisatawan mancanegara asal Mesir mencapai 6.857 wisatawan, tumbuh sebesar 1,023 persen dibandingkan tahun sebelumnya di tahun 2021.

"Indonesia juga telah menambahkan Mesir ke dalam daftar negara yang berhak mendapatkan Visa on Arrival (VoA) pada tahun 2022," pungkasnya.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com