Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary 2 Hari 1 Malam di Tawangmangu, Bisa Glamping di Kaki Gunung 

Kompas.com - 20/11/2023, 10:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Tawangmangu merupakan kawasan wisata populer di Jawa Tengah yang berada di kaki Gunung Lawu. Secara administratif, Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar, sekitar 1 jam 30 menit berkendara dari Solo.

Ada beragam destinasi wisata di Tawangmangu yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari air terjun, kebun teh, bukit, penginapan Instagramable, dan wisata kuliner. Jika tertarik liburan di Tawangmangus, berikut rekomendasi itinerary 2 hari 1 malam di Tawangmangu.

Baca juga:

Hari pertama 

1. Sarapan pagi di Pasar Tawangmangu 

Sebelum memulai petualangan, wisatawan bisa mampir sarapan di Pasar Tawangmangu. Kamu bisa menjumpai beragam makanan khas Tawangmangu di pasar ini, seperti sego gablok atau nasi gablok, yakni nasi uduk yang dimasak kembali dengan cara dikukus dan dibungkus daun pisang.

Kemudian, sagon yang memiliki rasa yang khas antara manis dan gurih dari kelapa, jadah dan wajik yang merupakan olahan beras ketan, dan molen mini. Jangan lupa untuk mencicipi nasi pecel khas Tawangmangu.

2. Menikmati kesegaran Grojogan Sewu 

Grojogan Sewu Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Grojogan Sewu Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Setelah sarapan, kamu bisa memulai petulangan di Grojogan Sewu yang merupakan air terjun ikonik di Tawangmangu. Daya tarik utama obyek wisata ini adalah air terjun setinggi 81 meter yang masih asri di kaki Gunung Lawu.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (1/10/2022), wisatawan bisa mengabadikan momen di Grojogan Sewu, dari jembatan yang berada tak jauh dari air terjun. Selain air terjun, terdapat dua buah kolam renang bagi pengunjung. 

Kolam renang tersebut diperuntukkan bagi orang dewasa dan anak-anak. Jarak dari Pasar Tawangmangu ke Grojogan Sewu sekitar 1,9 km atau lima menit berkendara.

3. Mencicipi Sop Iga Bu Ugi 

Saat tiba waktu makan siang, kamu bisa mampir ke Warung Sop Iga dan Pecel Bu Ugi yang lokasinya tak jauh dari Grojogan Sewu. Jaraknya sekitar 1,2 km atau tiga menit berkendara.

Warung makan legendaris ini terletak di Jalan Raya Tawangmangu, Kalisoro, Tawangmangu. Berdasarkan informasi dari Tribun Travel, Sop Buntut Bu Ugi sudah ada sejak zaman Presiden Soekarno.

Dulunya, warung ini hanya menjual pecel dan kemudian menjual sop iga pada era Presiden Abdurrahman Wahid (Gusdur). Selain menyajikan sop iga dengan kuah bening dan kaya rasa, warung ini juga menawarkan beragam menu lain seperti pecel dan garang asem.

Kuah sop iga yang hangat sangat pas untuk mengisi perut yang lapar di tengah dinginnya udara Tawangmangu. Seporsi sop iga dibanderol harga Rp 30.000.

4. Glamping di Lawu Park 

Penginapan tipe cottage di The Lawu Park, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa TengahDok. THE LAWU PARK Penginapan tipe cottage di The Lawu Park, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah

Setelah kenyang, saatnya melanjutkan perjalanan ke The Lawu Park yang berjarak sekitar 7,7 km atau 16 menit berkendara dari Warung Sop Buntut Bu Ugi. Alamatnya berada di Jalan Tawangmangu - Magetan Km 9, Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Kecamatan Tawangmangu.

Obyek wisata populer di Tawangmangu ini, menawarkan beragam wahana dan penginapan dengan latar belakang panorama indah di kaki Gunung Lawu, Jawa Tengah.

Menariknya, penginapan di The Lawu Park memiliki desain unik yang Instagramable yang terbagi menjadi tipe glamping dan cottage. Selama menginap, wisatawan bisa menikmati panorama indah Gunung Lawu, pepohonan hijau, serta udara segar khas pegunungan. 

Selain penginapan, pengunjung bisa menjajal beragam wahana seru. Sebut saja, Lawu Race, ATV, flying fox, Snow World, gondola, dan sebagainya.

Harga tiket masuk The Lawu Park yakni Rp 20.000 per orang pada weekday dan Rp 25.000 saat weekend. Sementara, harga penginapan di The Lawu Park dibanderol harga mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 1,5 juta per malam.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com