Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary Seharian di Pulau Merak Kecil, Destinasi Wisata Dekat Stasiun Merak

Kompas.com - 17/11/2023, 13:01 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melihat hamparan pantai sejauh mata memandang, mungkin bisa jadi solusi melepas penat setelah sepekan bekerja.

Bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya, salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi adalah Pulau Merak Kecil.

Wisatawan bisa naik KRL Commuterline dari Stasiun Tanah Abang ke Stasiun Rangkasbitung dahulu.

Baca juga:

Setelah itu lanjutkan perjalanan naik KA Lokal menuju stasiun paling barat di Pulau Jawa, yaitu Stasiun Merak.

Itinerary Seharian di Pulau Merak Kecil

Jika baru pertama kali datang ke Merak dan bingung dengan aktivitas wisata di sana. Kompas.com merangkum itinerary seharian di Pulau Merak Kecil yang bisa dijadikan acuan.

1. Naik KRL Commuterline ke Rangkasbitung

Jika berangkat dari arah Jakarta, kamu bisa memulai perjalanan naik KRL Commuterline dari Stasiun Tanah Abang  tujuan Stasiun Rangkasbitung sekitar pukul 06.30 WIB.

Stasiun Tanah Abang. Dok. Shutterstock/ Haryanta.p Stasiun Tanah Abang.

Wisatawan sebaiknya berangkat pada pagi hari mengingat KRL ke Stasiun Rangkasbitung menghabiskan waktu sekitar dua jam perjalanan.

Sekitar pukul 08.30 WIB wisatawan sampai di Stasiun Rangkasbitung. Setelah itu, wisatawan keluar dari stasiun dan membeli tiket naik KA Lokal tujuan Stasiun Merak di loket.

Baca juga: Pulau Merak Kecil: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

Kereta KA Lokal yang akan berangkat dalam waktu dekat dijadwalkan pukul 09.55 WIB. Manfaatkan rentang waktu sebelum kereta berangkat untuk sarapan terlebih dahulu.

2. Sarapan di Stasiun Rangkasbitung

Di sekitar Stasiun Rangkasbitung banyak terdapat kios makanan. Di antaranya ada kios bubur ayam, bakso, ketoprak, soto, nasi ayam, dan nasi uduk.

Loket tiket Kereta Api Lokal ke Stasiun Merak dari Stasiun Rangkasbitung, Selasa (14/11/2023). Kompas.com/Suci Wulandari Putri Loket tiket Kereta Api Lokal ke Stasiun Merak dari Stasiun Rangkasbitung, Selasa (14/11/2023).

Dari banyaknya makanan yang dijual di sana, Kompas.com merekomendasikan wisatawan untuk mampir ke Warung Nasi Ka Oyo.

Baca juga:

Salah satu menu favorit yang wajib dicoba yaitu seporsi nasi hangat dengan tambahan empuknya gepuk, dipadu pedas gurih sambal melinjo. Harga seporsi nasi gepuk di Warung Nasi Ka Oyo dibanderol mulai dari Rp 25.000.

3. Naik KA Lokal ke Stasiun Merak

Sekitar pukul 09.00 WIB gate KA Lokal dibuka oleh petugas. Sekitar pukul 09.30 WIB, calon penumpang disilakan masuk ke dalam gerbong kereta.

Kereta Api Lokal ke Merak dari Stasiun Rangkasbitung, Selasa (14/11/2023). Kompas.com/Suci Wulandari Putri Kereta Api Lokal ke Merak dari Stasiun Rangkasbitung, Selasa (14/11/2023).

Perjalanan menuju Stasiun Merak membutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menit, dan akan melewati enam stasiun, yakni: Stasiun Jambubaru, Catang, Cikeusal, Walantaka, Serang, Karangantu, Tonjongbaru, Cilegon, Krenceng, sebelum tiba di Stasiun Merak.

Biasanya KA Lokal berangkat dan tiba di stasiun tujuan tepat waktu. Jika berangkat dari Stasiun Rangkasbitung pukul 09.55 WIB, kereta tiba Stasiun Merak pukul 11.40 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com