Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2023, 13:02 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BANTEN, KOMPAS.com - Butuh rehat dari kehidupan di Jakarta, tapi tidak punya banyak waktu untuk bepergian terlalu jauh? Kamu bisa mencoba libur sehari ke Pulau Merak Kecil di Provinsi Banten.

Pulau Merak Kecil menawarkan pengalaman menikmati pemandangan lepas pantai Selat Sunda. Jika cuaca sedang cerah, kamu juga bisa melihat pemandangan matahari terbenam dari tengah laut.

Baca juga:

Lokasi Pulau Merak Kecil dekat dengan stasiun paling barat di Pulau Jawa yaitu Stasiun Merak. Serta, dekat dengan pelabuhan penyeberangan kapal dari Merak ke Bakauheni.

 

"Orang-orang yang datang ke sini umumnya berasal dari Jakarta, Bogor, dan sekitarnya. Mereka naik kereta ke Stasiun Merak," kata penyedia jasa wisata di Pulau Merak Kecil bernama Rangga saat ditemui Kompas.com di Pulau Merak Kecil, Selasa (14/11/2023).

Maka dari itu, jika belum pernah datang ke Pulau Merak Kecil dan bingung dengan perkiraan bujetnya, Kompas.com merangkum perkiraan harga minimum yang dibutuhkan untuk libur seharian di Pulau Merak Kecil.

Wisata seharian ke Pulau Merak Kecil, berapa biayanya?

Penyewaan alat snorkeling di Pulau Merak Kecil, Selasa (14/11/2023).Kompas.com/Suci Wulandari Putri Penyewaan alat snorkeling di Pulau Merak Kecil, Selasa (14/11/2023).

Untuk menghemat biaya, wisatawan bisa naik transportasi umum selama perjalanan pergi pulang menuju Pulau Merak Kecil.

Pada perkiraan biaya ini, Kompas.com mengambil patokan Stasiun Tanah Abang sebagai titik awal keberangkatan. Wisatawan bisa menumpangi KRL Commuterline dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Rangkasbitung, dengan biaya perjalanannya mulai Rp 8.000.

Sampai di Stasiun Rangkasbitung, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menumpangi Kereta Api (KA) Lokal tujuan Stasiun Merak. Tarifnya mulai Rp 3.000 per orang untuk satu kali perjalanan.

Perjalanan menuju Stasiun Merak membutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menit. Kamu bisa mengisi perut di area stasiun terlebih dahulu sebelum berangkat.

Ada beberapa opsi menu sarapan, antara lain bubur ayam, nasi uduk, bakso, mi ayam. Harga makanan di sekitar Stasiun Merak cukup beragam, rata-rata dibanderol mulai dari Rp 15.000 per porsi.

Jika perlu, wisatawan juga bisa membawa bekal dan menyantapnya di area ruang tunggu sebelum naik kereta.

Perlu diketahui, penumpang KA Lokal tidak diperkanankan makan dan minum selama berada di dalam kereta. Maka dari itu, sebaiknya isi perut terlebih dahulu sebelum kereta berangkat.

Baca juga: 6 Pantai Dekat Stasiun Merak, Ada Lokasi Situs Tsunami Gunung Krakatau

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com