Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Dekat Pelabuhan Merak Banten, Ada Pantai dan Bukit 

Kompas.com - 22/07/2023, 14:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Merak yang berada di Kota Cilegon, Banten merupakan penghubung Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Pelabuhan Merak tidak pernah sepi dari lalu lalang kapal, kendaraan, serta penumpang yang akan menyeberang antara dua pulau.

Baca juga:

Penumpang yang hendak menyeberang melalui Pelabuhan Merak, bisa singgah sejenak di tempat wisata. Ada sejumlah tempat wisata dekat Pelabuhan Merak, Banten yang bisa disinggahi untuk melepas penat.

Tempat wisata dekat Pelabuhan Merak 

Berikut sejumlah tempat wisata dekat Pelabuan Merak, seperti dihimpun Kompas.com. Ada pantai, bukit, dan taman yang bisa dikunjungi wisatawan. 

1. Pantai Mabak 

Pantai Mabak, Kota Cilegon, BantenDok. Tourist Information Center Cilegon Pantai Mabak, Kota Cilegon, Banten

Dari Pantai Mabak, pengunjung bisa menyaksikan lalu lalang kapal di Pelabuhan Merak. Maklum saja, sebab jaraknya hanya sekitar 1 kilometer (km). 

Salah satu pantai populer di Cilegon ini, berlokasi di Mekarsari, Pulomerak, Kota Cilegon, Banten. Melansir dari laman Tourist Information Center, daya tarik Pantai Mabak adalah air laut jernih yang berwarna perpaduan antara hijau dengan biru, sehingga terlihat cantik.

Selain panorama Pelabuhan Merak, wisatawan bisa menyaksikan Pulau Merak Kecil dari lokasi Pantai Mabak.

2. Bukit Batu Gambir 

Obyek wisata ini berupa perbukitan batu yang berlokasi di  Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten. Jaraknya dari Pelabuhan Merak sekitar 4,9 km atau 17 menit berkendara.

Bukit Batu Gambir dikelilingi dengan ilalang dan pepohonan sehingga cocok buat spot foto. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat pemandangan Pelabuhan Merak serta lautan lepas.

Bebatuan di Bukit Batu Gambir berwarna hitam pekat sehingga menambah kesan eksotis obyek wisata ini. Sebelum berkunjung, siapkan fisik yang prima karena wisatawan perlu mendaki bukit.

3.Pulau Merak Kecil

Pulau Merak KecilKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Pulau Merak Kecil

Pulau Merak Kecil memiliki pantai dengan hamparan pasir putih dan air laut biru jernih. Dari Pelabuhan Merak, wisatawan perlu menyeberang sekitar 5 menit.

Mengutip Kompas.com (20/5/2019), dari Pulau Merak kecil, wisatawan bisa menyaksikan Pelabuhan Merak, Pulau Jawa, serta kawasan industri Cilegon.

Pulau Merak Kecil merupakan destinasi favorit wisatawan karena menawarkan pemandangan indah dan mudah dijangkau. Secara administratif, Pulau Merak Kecil masuk dalam wilayah Kota Cilegon.

4. Pulau Merak Besar 

Pulau Merak Besar, Cilegon, BantenDok. Tourist Information Center Cilegon Pulau Merak Besar, Cilegon, Banten

Selain Pulau Merak Kecil, wisatawan juga bisa menjumpai Pulau Merak Besar. Untuk menuju pulau ini, wisatawan juga perlu menyeberang sekitar 10-15 menit.

Serupa, Pulau Merak Besar juga masuk dalam wilayah Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

Melansir laman Tourist Information Center, Pulau Merak Besar berfungsi sebagai hutan lindung yang menahan gelombang air laut ke Pelabuhan Merak. Uniknya, di Pulau Merak Besar wisatawan bisa melihat situs Tsunami Gunung Krakatau yang meletus pada 1883 silam.

Pulau Merak Besar cocok untuk melepas penat dari rutinitas sehari-sehari. Selain menikmati panorama laut biru, kamu bisa berenang, camping, berfoto, dan sebagainya di Pulau Merak Besar.

Baca juga:

5. Bukit Teletubbies 

Bukit Teletubbies berada di kawasan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Dari Pelabuhan Merak, wisatawan perlu menempuh jarak 9 kilometer atau sekitar 22 menit berkendara.

Menurut warga sekitar, nama asli bukit ini adalah Bukit Kembang Kuning sesuai dengan nama perkampungan di sebelah bukit. Tapi, karena bentuk bukit mirip di film anak-anak Teletubbies, maka namanya jadi Bukit Teletubbies, dikutip dari Antara.

Dari atas bukit, pengunjung bisa menikmati pemandangan Pelabuhan Merak, Selat Sunda, dan lautan lepas. Untuk menuju puncak bukit, wisatawan harus mendaki dulu sekitar 30 menit.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com