Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Naik Kereta Api Lokal ke Merak, Pesan Tiket Online

Kompas.com - 16/11/2023, 06:09 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Stasiun Merak ialah stasiun kereta api yang berada di ujung barat Pulau Jawa.

Jika hendak bertolak ke Merak, calon penumpang bisa menumpangi Kereta Api (KA) Lokal rute Stasiun Rangkasbitung-Stasiun Merak.

Tarif naik KA Lokal ke Stasiun Merak dibanderol Rp 3.000 per orang untuk satu kali perjalanan.

Baca juga: Pengalaman Naik Kereta ke Merak, Stasiun di Ujung Barat Pulau Jawa

Bagi calon penumpang yang baru pertama kali naik KA Lokal ke Stasiun Merak, Kompas.com merangkum beberapa tips naik KA Lokal ke Merak berikut supaya memudahkan selama di perjalanan.

Tips naik kereta api lokal ke Merak

1. Beli tiket online

Tiket KA Lokal ke Merak memang bisa dibeli secara langsung di loket tiket. Akan tetapi Kompas.com menyarankan untuk beli tiket secara daring supaya calon penumpang bisa memilih tempat duduk.

Sebaiknya pilihlah tempat duduk di dekat jendela supaya bisa melihat pemandangan selama di perjalanan. Ditambah, tempat duduk dekat jendela juga memiliki colokan listrik.

Baca juga: Libur Sehari ke Pulau Merak Kecil, Butuh Biaya Berapa?

Posisi tempat duduk di dekat jendela pada KA Lokal yaitu khusus urutan abjad C dan E. Jadi pastikan calon penumpang memilih tempat duduk yang benar.

2. Jangan datang telat

Berdasarkan pengalaman Kompas.com menumpangi KA Lokal pada Selasa (14/11/2023), kereta berangkat tepat waktu dari stasiun awal. Begitu juga di stasiun-stasiun yang disinggahi setelahnya.

Stasiun Merak, stasiun paling ujung bagian barat Pulau Jawa, Selasa (14/11/2023). Kompas.com/Suci Wulandari Putri Stasiun Merak, stasiun paling ujung bagian barat Pulau Jawa, Selasa (14/11/2023).

Maka dari itu, sebaiknya datanglah setidaknya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta.

Jika datang dari arah Jakarta naik KRL Commuterline menuju Stasiun Rangkasbitung, sebaiknya perkirakan waktu tiba di stasiun akhir guna menghindari ketinggalan KA Lokal.

Baca juga: Panduan Liburan ke Pulau Merak Kecil, Wisata Dekat Stasiun Merak

3. Makan atau minum dahulu

Penumpang KA Lokal dilarang makan dan minum selama berada di dalam gerbong kereta. Maka dari itu, jika khawatir terasa lapar selama di perjalanan, sebaiknya makan atau minum dahulu di stasiun keberangkatan.

Namun perlu diingat, sebaiknya hindari makan makanan pedas supaya tidak berujung sakit perut saat di kereta nantinya.

4. Ke toilet dahulu

Di setiap gerbong KA Lokal memang memiliki toilet, tapi berdasarkan pengalaman Kompas.com saat bepergian naik KA Lokal tujuan Stasiun Merak di gerbong ekonomi 1, sirkulasi air di toilet tersebut tidak berjalan lancar.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Merak Banten

Maka dari itu, Kompas.com menyarankan penumpang agar buang air kecil atau buang air besar terlebih dahulu di toilet stasiun sebelum naik kereta.

@kompastravel Gimana guyss, tertarik berkunjung ke sinii? Yuk, save dulu aja informasi ini dan share ke temen ngebolang kamu ???? #ikn #iknnusantara #kalimantanhits #explorekalimantan #wisatakalimantan ? Beautiful Day - Coldiac
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com