Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2023, 21:12 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa sangka Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang ada di suatu desa wisata bisa mendapatkan penghargaan?

TPST Saling Peduli di Desa Selasari, Pangandaran, Jawa Barat, berhasil menjadi juara kategori Best Beti Dewi (Beli Kreatif Desa Wisata) dalam ajang Jagoan Pariwisata, yang diselenggarakan oleh tiket.com dan Kemenparekraf RI.

“Kami punya inisiatif membuat program pengelolaan sampah terpadu, supaya masyarakat lebih sadar, lebih paham, keberlanjutan lingkungan hidup itu sangat penting, apalagi untuk desa wisata,” ujar Direktur TPST Saling Peduli, Aris Kusmawan, saat acara Penganugerahan Jagoan Pariwisata di Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Baca juga: Masuk 50 Desa Wisata Terbaik, Desa Wisata Selasari Pangandaran Andalkan Wisata Alam

Ia menjelaskan, warga Desa Selasari berinisiatif melakukan pengelolaan sampah, selain untuk keberlanjutan lingkungan juga agar bisa bernilai rupiah.

Sehingga, sampah-sampah anorganik, misalnya, dapat didaur ulang menjadi kerajinan seperti tas atau tempat tisu.

“Sedangkan sampah organik dibikin jadi kompos, diintegrasikan dengan sistem pertanian sehingga kami enggak perlu beli pupuk kimia lagi,” imbuhnya.

Nanti ke depannya, kata Aris, wisatawan yang berkunjung ke Desa Selasari juga akan dapat dilibatkan dalam pengelolaan sampah terpadu.

Baca juga: 4 Destinasi Memukau di Sekitar Mandalika, Ada Gili Nanggu hingga Desa Sade

Inovasi tersebutlah, kata Aris, yang mengantarkan TPST Saling Peduli menjadi salah satu pemenang dalam ajang Jagoan Pariwisata.

Pemenang Jagoan Pariwisata

Selain Desa Selasari, ada juga ketiga desa lainnya yang menjadi pemenang sesuai kategori masing-masing. Tiga kategori lainnya adalah Best Homestay (Homestay Terbaik), Best Digital Creative (Digital Kreatif Terbaik), dan Best Tourist Attraction (Atraksi Wisata Terbaik).

Para pemenang dalam acara Penganugerahan Jagoan Pariwisata di Jakarta, Rabu (15/11/2023).  KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Para pemenang dalam acara Penganugerahan Jagoan Pariwisata di Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Pada kategori Best Homestay dimenangkan oleh Mandhasativa, yang berlokasi di Desa Sudaji, Buleleng, Bali.

Lalu Kategori Best Digital Creative disabet oleh Keripik Kentang Lara di Desa Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Sementara itu, Kategori Best Tourist Attraction diraih oleh Kampung Semai yang terletak di Desa Semen, Blitar, Jawa Timur.

Baca juga: 8 Pesona Desa Wisata Tari Rebo Bangka Belitung, Ada Festival Peh Cun 

Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket. com, Gaery Undarsa, mengatakan bahwa kategori yang dibuat sebagai juara disesuaikan dengan kondisi desa-desa wisata yang mengikuti kompetisi Jagoan Pariwisata.

“Dari 46 unit usaha dari pelaku desa wisata yang mendaftar mentorship serta kompetisi Jagoan Pariwisata ini, kami lihat kategori apa yang mirip-mirip dan juga butuh perhatian lebih lanjut,” ujar Gaery.

@kompastravel Nakama...jangan skip spot foto ini guys kalau lagi di One Piece Exhibition Asia Tour! Nah, biar makin kece, jangan lupa pakai outfit dan aksesoris One Piece ya… Kalau mau ke sini, lokasinya ada di Lt. 2F, Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara.. Have fun! #onepiece #nakamaindonesia #onepieceexhibition #jakartaevent #jakartahits ? Memories (One Piece) - The Weaboos

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com