Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Asing Belajar Menganyam Tikar di Desa Wisata Golo Loni, NTT

Kompas.com - 26/10/2023, 10:10 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - salah satu daya tarik bagi wisatawan di Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), yakni belajar menganyam tikar yang berbahan pandan.

Kepala Desa Wisata Golo Loni, Yohanes B Okalung kepada Kompas.com, Rabu, (25/10/2023) menjelaskan, wisatawan, baik turis asing maupun domestik, sangat tertarik dengan hal-hal unik di lingkungan masyarakat.

"Belum lama ini, turis asing yang menginap di homestay belajar menganyam tikar berbahan daun pandan yang dilatih ibu-ibu di kampung. Mereka sangat senang belajar hal unik di Golo Loni," jelasnya.

Baca juga: Desa Golo Loni dan Colol di NTT Masuk 500 Besar ADWI 2023

Okalung melanjutkan, kaum perempuan di desa wisata Golo Loni terus mempertahankan kearifan lokal, salah satunya menganyam tikar berbahan pandan atau rea. Tikar berbahan pandan ini multifungsi, bisa untuk alas tidur, alas duduk, dan lain sebagainya.

Bukan hanya alam yang menarik wisatawan, lanjut Okalung, melainkan kearifan lokal yang dimiliki masyarakat, juga diminati wisatawan.

Okalung menambahkan, turis asing juga akan diajak menanam anakan bambu demi keberlanjutan ekologi.

"Wisatawan sangat senang dengan program keberlanjutan ekologis dengan membiasakan diri menanam bambu demi keberlanjutan sumber mata air," jelasnya.

Golo Loni masuk 45 besar lomba Desa Wisata Nusantara

Okalung menambahkan, Desa wisata Golo Loni masuk 45 besar Lomba Desa.Wisata Nusantara dari Kemendes Tertinggal.

Lomba Desa Wisata Nusantara dengan beberapa kategori, pertama kategori I desa sangat tertinggal, tertinggal, dan Desa Berkembang. Desa Golo Loni sudah kategori Desa Berkembang.

Wisata agrowisata diperkenalkan kepada turis mancanegara yang berwisata di Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Manggarai Timur, NTT, Sabtu, (7/1/2023). (KOMPAS.com/DOK KADES GOLO LONI-YOHANES BERSMANS OKALUNG)KOMPAS.COM/DOK KADES GOLO LONI-YOHANES BERSMANS OKALUNG Wisata agrowisata diperkenalkan kepada turis mancanegara yang berwisata di Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Manggarai Timur, NTT, Sabtu, (7/1/2023). (KOMPAS.com/DOK KADES GOLO LONI-YOHANES BERSMANS OKALUNG)

"Saya berharap bisa masuk 15 besar untuk Lomba Desa Wisata Nusantara yang akan mendapatkan hadiah dengan total Rp 1 miliar," jelasnya.

Desa Wisata Golo Loni, lanjut Okalung, memiliki paket wisata air terjun, persawahan, Danau Ranamese, alam, bukit kunang-kunang serta wisata minum kopi Golo Loni, memancing ikan di kolam air tawah, kearifan lokal masyarakat Golo Loni dan masyarakat yang ramah.

Baca juga: Turis Australia Ikut Menanam Padi dan Bambu di Desa Golo Loni NTT

"Bersama Pokdarwis, Pemerintah Desa Golo Loni terus berinovasi dan mencari wisata lain di seputar desa yang akan dikunjungi wisatawan. Pelatihan kepada Pokdarwis terus dilakukan demi peningkatan sumber daya manusia di bidang destinasi pariwisata," uajr dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com