Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Penyengat di Kepri, Juara 1 ADWI 2023 Kategori Desa Wisata Rintisan

Kompas.com - 28/08/2023, 18:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desa Wisata Pulau Penyengat, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau (Kepri), terpilih sebagai juara satu kategori Desa Wisata Rintisan di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 (ADWI 2023).

Sebagai informasi, rintisan merupakan tahap pertama dalam pengembangan desa wisata. Pada tahap ini, desa memiliki potensi besar, tetapi belum ada kunjungan wisatawan, sarana dan prasarananya masih terbatas, serta tingkat kesadaran masyarakat belum tumbuh.

Adapun pengumuman disampaikan dalam malam penganugerahan ADWI 2023 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (27/8/2023).

Baca juga: Coldplay Konser di Singapura, Sandiaga Ajukan Paket Wisata dari Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, 75 desa wisata terbaik dari total 4.573 desa diharapkan bisa mendorong kualitas pariwisata jadi makin baik. 

"Hari ini, 75 dari yang terbaik mendapatkan anugerah untuk meningkatkan motivasi dalam membuka peluang usaha menuju pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan," ujar Sandiaga, Minggu malam.

Adapun penilaian ADWI terbagi menjadi beberapa kategori yaitu Daya Tarik Pengunjung, Suvenir, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, serta Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE. Ada juga kategori Desa Wisata Maju, Desa Wisata Berkembang, dan Desa Wisata Rintisan. 

Selain Desa Wisata Terbaik yang dipilih langsung oleh juri, masyarakat juga diberi waktu untuk memilih langsung kategori Desa Wisata Favorit dengan menyukai video desa yang diunggah di akun YouTube Kemenparekraf.

Desa wisata terbaik kategori Desa Wisata Rintisan ADWI 2023

Total terdapat 8 desa wisata yang mendapatkan penghargaan kategori Desa Wisata Rintisan terbaik ADWI 2023. Berikut daftar selengkapnya:

  • Juara 1: Desa Wisata Pulau Penyengat, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
  • Juara 2: Desa Wisata Pekunden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
  • Juara 3: Desa Wisata Serangan, Kota Denpasar, Bali

Masjid Raya Sultan Riau, bangunan bersejarah di Pulau Penyengat, (10 2019).SHUTTERSTOCK/HERU SUKMA CAHYANTO Masjid Raya Sultan Riau, bangunan bersejarah di Pulau Penyengat, (10 2019).

Juara Harapan:

  • Desa Wisata Edelweiss Wonokitri, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
  • Desa Wisata Jeruju Besat, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat
  • Desa Wisata Religi Astana, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat
  • Desa Wisata Setanggor, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Desa Wisata Malaumkarta, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com