Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Wisata dari Beijing ke Laos Beroperasi, Bisa ke Luang Prabang

Kompas.com - 15/11/2023, 10:59 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Mulai Senin (13/11/2023), kereta wisata dengan rute dari Beijing, China, ke Vientiane, Laos, pergi-pulang (PP) sudah beroperasi. 

Dilansir dari CGTN, Rabu (15/11/2023), perjalanan perdana kereta wisata ini diawali pukul 02.02 dini hari waktu setempat dari Stasiun Fengtai di Beijing, China, ke tujuan akhir Stasiun Vientiane di Kota Vientiane, Laos. Perjalanan PP berdurasi sekitar 15 hari.

Baca juga:

Kereta tersebut melewati jalur Beijing-Guangzhou dan Shanghai-Kunming via Libo dan Anshun, kemudian tiba di Kunming, Provinsi Yunnan, China.

Selanjutnya kereta akan terus melaju di jalur kereta api China-Laos ke Kota Vientiane. Beberapa destinasi wisata yang dilewati, antara lain Luang Prabang yang masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO dan Vang Vieng yang terkenal akan wisata gua.

Ilustrasi Luang Prabang, Laos.UNSPLASH/Colin Roe Ilustrasi Luang Prabang, Laos.

Pada perjalanan kembali ke China, kereta ini juga akan melewati sejumlah destinasi wisata, antara lain Xishuangbanna dan Chibi.

Sebagai informasi, kereta China-Laos yang menghubungkan Kunming-Vientiane telah terlebih dahulu beroperasi pada akhir 2021. Proyek ini merupakan bagian dari inisiatif bertajuk Belt and Road.

Kereta tersebut, dikutip dari China Daily, memangkas waktu perjalanan antara dua kota tersebut menjadi 10,5 jam. 

Baca juga:

Tidak hanya itu, wisatawan yang ingin ke Luang Prabang pun bisa memiliki opsi tambahan yaitu kereta api selain bus. 

"Masyarakat Laos dan wisatawan dari negara-negara lain merasa lebih mudah mengunjungi Luang Prabang dengan kereta api," tutur Kepala Biro Pariwisata, Budaya, dan Media di Provinsi Luang Prabang, Soudaphone Khomthavong.

Baca juga: Indonesia Serahkan Kepemimpinan ASEAN Tourism Forum ke Laos

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com