Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor, Sri Lanka Dikunjungi 74.664 Turis Asing pada Awal November

Kompas.com - 22/11/2023, 20:58 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Xinhuanet

KOMPAS.com - Sri Lanka mencatatkan kedatangan turis asing sejumlah 74.664 orang dalam 15 hari pertama pada November 2023, menurut statistik terbaru yang dirilis oleh Otoritas Pengembangan Pariwisata Sri Lanka (SLTDA).

Angka ini mencatatkan rekor tersendiri karena merupakan jumlah kedatangan wisatawan tertinggi yang tercatat pada dua minggu awal setiap bulannya pada 2023, seperti dikutip dari Xinhua.

Baca juga: Sri Lanka Beri Bebas Visa Sementara untuk Pelancong Indonesia

Sebelumnya, angka kedatangan tertinggi pada 15 hari pertama terjadi pada Maret 2023 dengan 60,882 pengunjung internasional.

SLTDA memperkirakan, puncak musim liburan terjadi pada akhir November dan diprediksi lebih dari 200.000 turis akan tiba.

Adapun secara umum, menurut data resmi, jumlah kedatangan turis asing selama periode 1 Januari hingga 15 November adalah 1,2 juta orang, dengan pendapatan sebesar 1,59 miliar dollar AS.

Baca juga: Batik Air Terbang ke Sri Lanka dari 6 Kota di Indonesia per 12 Mei

Angka ini masih di bawah target kunjungan turis yakni 2 juta orang, tetapi mendekati target sebelumnya yakni 1,5 juta orang.

Sedangkan hingga 2026, Sri Lanka menargetkan 5 juta kunjungan turis asing.

Demi mewujudkan target tersebut, serjumlah langkah dilakukan. Salah satunya adalah menerapkan kebijakan bebas visa sementara yang juga berlaku bagi turis asal Indonesia dan belum lama ini diumumkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com