Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Pilihan Transportasi ke Bandara Soekarno-Hatta 

Kompas.com - 23/11/2023, 13:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada sejumlah pilihan transportasi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang berada di Tangerang, Banten. Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara tersibuk di Indonesia bahkan salah satu yang tersibuk di dunia.

Mengetahui pilihan transportasi ke Bandara Soekarno-Hatta akan memudahkan penumpang menyesuaikan jadwal penerbangan. Khususnya, bagi penumpang dari luar kota.

Baca juga:

Bandara Soekarno-Hatta melayani semua jenis penerbangan baik domestik maupun internasional, yang terbagi dalam tiga terminal. Sepanjang 2022 lalu, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 40,54 juta penumpang.

Cara ke Bandara Soekarno-Hatta 

1. Kereta bandara 

Kereta Bandara Soekarno-Hatta, salah satu pilihan transportasi ke Bandara Internasional Soekarno-HattaDok. PT Railink Kereta Bandara Soekarno-Hatta, salah satu pilihan transportasi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Kereta Bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu alternatif moda transportasi menuju bandara. Dalam perjalanannya, kereta Bandara Soekarno-Hatta melalui lima stasiun, yakni , Stasiun Manggarai, BNI City, Duri, Batu Ceper, dan berakhir di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. 

Durasi perjalanan Kereta Bandara Soekarno-Hatta dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Bandara Soekarno-Hatta sekitar 52 menit. Adapun tarif Kereta Bandara Soekarno-Hatta mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 50.000 per orang, bergantung dari pilihan kelas dan rute perjalanan.

Dari Stasiun Kereta Bandara Soekarno-Hatta, penumpang harus melanjutkan perjalanan menggunakan skytrain atau Kalayang menuju terminal yang dituju.

2. Damri

Armada bus Damri, salah satu pilihan transportasi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta Dokumentasi Damri Armada bus Damri, salah satu pilihan transportasi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Damri juga menyediakan layanan dari berbagai titik di Jabodetabek ke Bandara Soekarno-Hatta. Sejumlah wilayah yang masuk jangkauan Damri, dengan rute ke Bandara Soekarno-Hatta, adalah sebagai berikut:

Stasiun Gambir, Kemayoran, Terminal Blok M, Lebak Bulus, Terminal Pasar Minggu, Terminal Rawamangun, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Tanjung Priok, Merak, Bogor, dan Cibinong City Mall.

Kemudian, Mal Kelapa Gading, Mal Taman Anggrek, Intermark BSD, ITC BSD, Karawaci, Cikarang, Karawang, Bekasi Barat, Harapan Indah Bekasi, dan Terminal Pulo Gebang.

Damri juga menyediakan layanan dari  Pantai Tanjung Lesung, Purwakarta, dan Sukabumi ke Bandara Soekarno-Hatta. Tarifnya mulai dari Rp 55.000 hingga Rp 200.000 bergantung dari rute.

3. JA Connexion 

Bus Bandara  JA Connexion, salah satu pilihan transportasi ke Bandara Internasional Soekarno-Hattaperumppd Bus Bandara JA Connexion, salah satu pilihan transportasi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Damri juga menyediakan layanan Jabodetabek Airport Connexion atau JA Connexion, yang merupakan unit usaha tambahan, hasil peleburan Perum PPD ke Perum DAMRI pada Selasa (6/6/2023) lalu.

Berdasarkan informasi dari situs Damri, JA Connexion menyediakan tiga rute, sebagai berikut:

  • Bandara Soekarno-Hatta – Intermark BSD (pp), harga tiket Rp 85.000 per orang
  • Bandara Soekarno-Hatta – Mall Kelapa Gading (pp), harga tiket Rp 80.000 per orang
  • Bandara Soekarno-Hatta – Mall Taman Anggrek (pp), harga tiket Rp 80.000 per orang.

Jam operasional JA Connexion dari Intermark BSD dan Mall Kelapa Gading mulai pukul 05.00 WIB hingga 20.00 WIB, dengan keberangkatan setiap satu jam. Sementara, rute Bandara Soekarno-Hatta – Mall Taman Anggrek beroperasi dari pukul 05.00 WIB hingga 19.00 WIB, dengan keberangkatan setiap dua jam. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com