Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Soekarno-Hatta Raih Peringkat 19 Bandara Paling Terkoneksi 2023

Kompas.com - 07/10/2023, 20:02 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Sumber OAG

KOMPAS.com - Bandara Internasional Soekarno-Hatta masuk dalam daftar 50 megahub internasional berdasarkan laporan OAG Megahubs Index 2023. Megahub internasional merupakan bandara-bandara yang memiliki koneksi penerbangan internasional paling tinggi, berdasarkan penjelesan dalam laporan OAG Megahubs Index 2023.

Dalam laporan tersebut, Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat ke-19 dari total 50 bandara yang masuk megahub internasional. Namun, posisi Bandara Soekarno-Hatta tersebut turun tiga peringkat dibandingkan 2019, yakni di peringkat ke-16.

Baca juga:

Untuk diketahui, OAG atau Official Airline Guide (OAG) merupakan perusahaan penyedia data perjalanan global yang berbasis di Inggris. 

Dalam laporannya, OAG mengungkapkan bahwa Batik Air merupakan maskapai penerbangan yang paling mendominasi di Bandara Soekarno-Hatta, dengan persentase sebesar 21 persen.

Metodologi 

Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta.Dok Humas AP IIPT Angkasa Pura II Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dalam menyusun laporan OAG Megahubs Index 2023, OAG menganalisis data penerbangan 100 bandara terbesar di dunia untuk jadwal penerbangan internasional selama setahun terakhir September 2022 - Agustus 2023.

Kemudian, OAG menghitung semua koneksi penerbangan masuk dan keluar melalui bandara tersebut. Peringkat dalam OAG Megahubs Index 2023 mengacu pada jumlah penerbangan internasional dan jumlah destinasi yang dilayani dari masing-masing bandara.

Baca juga:

Perbandingan di kawasan Asia Tenggara

Gedung Sattlelite di Bandara Internasional Kuala Lumpur atau Kuala Lumpur International Airport (KLIA), MalaysiaShutterstock/Tooykrub Gedung Sattlelite di Bandara Internasional Kuala Lumpur atau Kuala Lumpur International Airport (KLIA), Malaysia

Apabila dibandingkan dengan bandara di kawasan Asia Tenggara, maka Bandara Soekarno Hatta berada di posisi keempat.

Dalam laporan OAG Megahubs Index 2023, Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia menyabet peringkat keempat sebagai megahub internasional.

Kemudian, disusul oleh Bandara Internasional Suvarnabhumi, Thailand di posisi ke-11 dan Bandara Internasional Ninoy Aquino, Manila, Filipina pada peringkat ke-15.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com