Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Face Recognition di Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Berlaku Hari Ini

Kompas.com - 02/10/2023, 22:02 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Face Recognition (layanan pindai wajah) resmi beroperasi di bagian pemeriksaan imigrasi, Terminal 3 Kedatangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, mulai Senin (2/10/2023) ini.

“Dengan layanan pindai wajah, diperkirakan pemeriksaan keimigrasian berlangsung hanya 15 sampai 25 detik bagi setiap pelintas. Artinya, kapasitas pelayanan pelintas per harinya juga meningkat,” kata Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim dalam siaran resmi, Senin (2/10/2023).

Baca juga:

Saat ini, sebanyak 24 unit mesin autogate dioperasikan guna mengintegrasikan teknologi pindai wajah dan manajemen pengawasan perbatasan atau Border Control Management (BCM).

Silmy mengatakan, penambahan 24 unit ini adalah tahap awal. Direncanakan Ditjen Imigrasi akan menambah 26 unit sehingga nantinya terdapat 50 unit mesin autogate baru di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta jelang akhir 2023.

Situasi Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (18/4/2023).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Situasi Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (18/4/2023).

Menurut Silmy, pengalaman pengguna adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, dukungan peralatan yang canggih dinilai akan menambah pengalaman para pelaku perjalanan.

Layanan pindai wajah di mesin autogate ini, ucap Silmy, tidak hanya digunakan oleh warga negara Indonesia (WNI), tapi juga bisa digunakan oleh warga negara asing (WNA).

Baca juga: 

Ia melanjutkan, penggunaan mesin otomatis untuk layanan pindai wajah yang berlaku di Indonesia ini mengacu pada beberapa wilayah di luar negeri, seperti Singapura, Dubai dan Abu Dhabi di Uni Emirat Arab (UEA), serta Doha di Qatar.

“Kita lihat Singapura, Dubai, Abu Dhabi, dan Doha, itu yang dijadikan acuan. Maka saat saya bergabung di Ditjen Imigrasi, saya bersama Dirsistik (Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian) langsung mencari penyedia autogate yang tepat untuk di bandara kita,” katanya.

Baca juga: 5 Tips Naik TransJakarta Rute Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com