Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batik Banyak Dikenakan Tokoh Dunia, Diharapkan Bisa Tingkatkan Ekspor

Kompas.com - 02/10/2023, 21:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber Tribunnews

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis, peningkatan ekspor bisa sampai 30 persen per tahun. Salah satu pendorongnya adalah karena besarnya potensi batik untuk dikenal di seluruh dunia. 

"Batik belum jadi pemain utama, di masa-masa yang akan datang saya prediksi akan naik 20-30 persen per tahun karena semakin banyak tokoh dunia memakai batik," kata Menparekraf dalam Weekly Press Briefing yang dipantau daring, Senin (2/10/2023). 

Baca juga:

Ia menyampaikan, batik menjadi semakin terkenal di dunia akibat exposure (paparan) di acara-acara internasional, seperti G20 dan KTT ASEAN, serta terdorong juga dari media sosial. 

"Jenis-jenis batik yang dipakai (dan diminati) ini adalah yang bercorak cerah dan juga nyaman dipakai dalam keseharian, seperti kemeja, seperti outer (luaran)," ujarnya.

Dari Nelson Mandela hingga Justin Trudeau

Sandiaga juga menyebutkan beberapa tokoh dunia yang sering memakai batik. Salah satunya politisi sekaligus mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela. 

“Nelson Mandela misalnya, sudah senang sekali menggunakan batik. Lalu kita melihat pemain bola basket J Holiday yang sudah memakai batik di setiap kesehariannya dia,” tuturnya.

Pemain basket Justin Holiday, ia menjelaskan, sangat bangga memakai batik. Tidak hanya kemeja atau atasan, batik juga dikenakan oleh atlet tersebut sebagai celana.

Baca juga: Hari Batik Nasional 2 Oktober 2023, Museum Batik Indonesia di TMII Diresmikan

Nelson Mandela.Reuters Nelson Mandela.

Tak hanya itu, sejumlah pemimpin negara mengenakan pakaian batik saat menghadiri Gala Dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Taman Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2023) lalu.

Banyak dari pemimpin negara yang hadir ke jamuan santap malam memakai baju batik dengan warna-warna seperti coklat, hijau, dan kuning.

Salah satunya Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris yang mengenakan batik berwarna kuning coklat. Lalu, ada Sultan Brunei Hassanal Bolkiah yang didampingi Pangeran Mateen memakai batik coklat biru.

Baca juga:

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau yang datang bersama anaknya juga terlihat memakai atasan batik.

Dikutip dari Tribunnews.com, Selasa (1/10/2019), mantan Presiden AS Barack Obama juga pernah mengenakan batik pada saat menghadiri East Asia Summit di Nusa Dua Bali pada tahun 2011 silam.

Selain Obama, Bill Gates pernah mengenakan kemeja batik pada suatu kesempatan. Salah satu pendiri Micorsoft ini mengenakan kemeja batik saat memberikan kuliah umum di Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada tahun 2008 silam.

Baca juga: Hari Batik Nasional, Ini 4 Tempat Belajar Membatik di Jakarta 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com