Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belitong Geopark Run 2023 Akan Suguhkan Panorama Tanjung Kelayang

Kompas.com - 26/11/2023, 13:37 WIB
Heru Dahnur ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BELITUNG, KOMPAS.com - Ajang lari Belitong Geopark Run bakal digelar di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, pada Minggu (10/12/2023). Sambil berlari, peserta acara bisa menikmati pemandangan UNESCO Global Geopark ini.

Adapun lintasan lari mencakup wilayah Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk. Titik awal perlombaan terletak di Pantai Tanjung Kelayang.

Baca juga: Belitung Jajaki Peluang dengan Pelita Air untuk Penerbangan Tanjung Pandan-Jakarta

Menurut Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, perlombaan berslogan A Journey-An Escape-A Race ini menawarkan lintasan dengan kontur alam yang tidak biasa.

"Belitong Geopark Run 2023 mengajak para pelari menaklukan kontur alam yang tidak biasa sambil menikmati pemandangan alam yang indah dan kekayaan budaya di sepanjang Geopark Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi serta disambut dengan alam yang indah dan kuliner Belitung yang memanjakan lidah," terang Isyak kepada Kompas.com, Minggu (26/11/2023).

Baca juga:

Pertukaran pemuda Indonesia dan Australia

Pantai Tanjung Kelayang, BelitungShutterstock Pantai Tanjung Kelayang, Belitung

Menargetkan 1.000 peserta, Belitong Geopark Run 2023 menjadi rangkaian kegiatan pertukaran pemuda Indonesia dan Australia.

Sebanyak 42 pemuda, meliputi 21 orang dari Indonesia dan 21 orang dari Australia, akan berada di Belitung sebagai duta wisata sekaligus mengikuti Belitong Geopark Run 2023.

"(Acara ini bentuk) Kerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mempromosikan Belitong Geopark yang sudah diakui UNESCO. Kita tahu Australia sangat menyukai keindahan alam Indonesia dan mereka penyumbang devisa dari sektor pariwisata," jelas Isyak.

Baca juga: 3 Tempat Terbaik Menikmati Senja di Belitung

Belitong Geopark Run terdiri dari dua kategori yakni pelajar (lima kilometer) dan umum (10 kilometer dan 21 kilometer).

Peserta terbuka bagi warga negara asing dan warga negara Indonesia, dengan periode pendaftaran dari Selasa (21/11/2023) sampai Jumat (8/12/2023).

Pendaftaran bisa dilakukan secara daring di laman resmi Belitong Geopark Run. 

"Syarat podium adalah peserta dengan kewarganegaraan Indonesia dan kewarganegaraan asing. Pemenang harus menunjukkan data diri sesuai dengan data saat registrasi dan nomor peserta yang dipakai. Jika tidak sesuai maka akan didiskualifikasi sebagai pemenang," jelas Isyak.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com