Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Urang Laut di Jelajah Pesona Jalur Rempah 2023 Belitung Timur

Kompas.com - 03/09/2023, 15:09 WIB
Heru Dahnur ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BELITUNG, KOMPAS.com - Bila ingin melakukan tapak tilas peradaban urang laut, wisatawan bisa mendatangi acara Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR) 2023, dari Sabtu (2/9/2023) hingga Rabu (6/9/2023), di Lapangan Yagor, Kabupaten Belitung Timur.

Jejak peradaban urang laut dalam acara ini merujuk ke suku sawang yang konon menjadi salah satu suku pertama di Belitung Timur.

Baca juga:

Diyakini, suku tersebut telah memulai peradaban di Belitung Timur sejak tahun 1883. 

Hal itu menjadikan suku sawang dikenal sebagai salah satu suku yang turut berperan dalam simpul jalur rempah.

Pada zaman dahulu, suku sawang dikenal sebagai urang laut yang menguasai perdagangan dari sektor maritim.

Pembukaan Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR) 2023 pada Sabtu (2/9/2023) di Lapangan Yagor, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Acara ini diadakan dari Sabtu (2/9/2023) hingga Rabu (6/9/2023).Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pembukaan Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR) 2023 pada Sabtu (2/9/2023) di Lapangan Yagor, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Acara ini diadakan dari Sabtu (2/9/2023) hingga Rabu (6/9/2023).

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu mengatakan, kehebatan bangsa dalam sektor maritim dapat dilihat dari keberadaan suku sawang.

"Suku sawang Belitung Timur di masa lalu ternyata merupakan salah satu suku laut yang membawa peran penting dalam peradaban dan akulturasi budaya rempah di Nusantara," ujar Suganda saat kunjungannya ke lokasi, Sabtu (2/9/2023) malam.

"Peradaban suku sawang merupakan bukti kehebatan bangsa kita sebagai bangsa maritim sejak dulu, itu pula-lah yang akhirnya menjadi tema Jelajah Pesona Jalur Rempah kali ini," imbuhnya.

Baca juga:

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com