Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Pesona Desa Wisata Tari Rebo Bangka Belitung, Ada Festival Peh Cun 

Kompas.com - 30/08/2023, 19:38 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Desa Wisata Tari Rebo di Kabupaten Bangka, Bangka Belitung menyimpan segudang pesona. Baru-baru ini, Desa Wisata Tari Rebo keluar sebagai juara satu Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 kategori Suvenir.

Pemenang kategori ini dinilai bisa menggali potensi kreativitas dan hasil karya desa wisata berupa kuliner, fesyen, dan kriya berbasis kearifan lokal. Pengumuman disampaikan dalam malam penganugerahan ADWI 2023 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (27/8/2023).

Baca juga:

Lantas, apa pesona Desa Wisata Tari Rebo? Simak ulasannya berikut ini dihimpun dari website Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf dan Wonderful Pangkalpinang

1. Pantai Takari 

Pantai Takari, salah satu wisata di Desa Wisata Tari Rebo, Bangka BelitungDok. Jadesta Kemenparekraf Pantai Takari, salah satu wisata di Desa Wisata Tari Rebo, Bangka Belitung

Daya tarik Pantai Takari adalah pepohonan cemara dan hamparan pasir putih yang luas. Di antara pohon cemara tersebut, wisatawan menggantungkan hammock atau ayunan untuk menikmati panorama pantai.

Ada tradisi unik di Pantai Takari yaitu nyakar, atau kegiatan mencari kerang menggunakan alat tangkap tradisional dari kayu maupun tangan. Pantai ini memang terkenal dengan potensi kerang yang melimpah.

2. Pantai Cemara

Pantai Cemara, salah satu wisata di Desa Wisata Tari Rebo, Bangka Belitung
Dok. Jadesta Kemenparekraf Pantai Cemara, salah satu wisata di Desa Wisata Tari Rebo, Bangka Belitung

Pantai Cemara merupakan lahan bekas tambang yang berada di pesisir pantai. Kini, lahan bekas tambang itu telah disulap menjadi destinasi wisata yang tertata rapi.

Pengunjung bisa menjumpai hutan mangrove saat berkunjung ke Pantai Cemara. Pantai ini juga dilengkapi fasilitas umum lainnya, seperti toilet, area parkir, warung makan, mushola, wahana kano, dan sebagainya.

Selain Pantai Takari dan Pantai Cemara, desa wisata ini masih memiliki satu pantai lainnya yakni Pantai Batu Ketak. Pantai ini terkenal dengan ikon mercusuar peninggalan Belanda.

3. Pagoda Nusantara 

Pagoda Nusantara, Kabupaten Bangka, Minggu (8/3/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Pagoda Nusantara, Kabupaten Bangka, Minggu (8/3/2020).

Selain wisata alam, Desa Wisata Tari Rebo memiliki kekayaan wisata religi. Salah satu yang populer adalah Pagoda Nusantara.

Pagoda Nusantara merupakan tempat ibadah masyarakat Tionghua, yang dapat dikunjungi wisatawan umum. Daya tarik pagoda ini adalah arsitektur bangunan yang unik, jembatan kaca, serta panorama dari atas bukit.

Tak heran, Pagoda Nusantara banyak dikunjungi wisatawan. Mereka rela mengantre untuk berfoto di Pagoda Nusantara yang unik ini.

Baca juga:

4. Kelenteng Jaya Bhakti

Kelenteng Jaya Bhakti, salah satu wisata religi di Desa Wisata Tari Rebo, Bangka BelitungDok. Jadesta Kemenparekraf Kelenteng Jaya Bhakti, salah satu wisata religi di Desa Wisata Tari Rebo, Bangka Belitung

Wisata religi lainnya adalah kelenteng Jaya Bhakti. Selain tempat ibadah, kelenteng ini menjadi destinasi wisata bagi pengunjung umum lantaran memiliki arsitektur yang indah.

Kelenteng Jaya Bhakti juga menjadi tempat festival budaya seperti Sembahyang Rebut, Cap Go Meh, dan Peh Cun. Keberadaan kelenteng ini menjadi bukti toleransi di Desa Tari Rebo, karena umat berbagai agama berkumpul.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com