Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Wisata Dekat Jembatan Kretek II Bantul, Bisa Menyusuri Sungai Naik Kano

Kompas.com - 27/11/2023, 10:01 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Jembatan Kretek II merupakan ikon baru di Bantul, Yogyakarta yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (2/6/2023) lalu. Jembatan sepanjang 556 meter tersebut, membentang di atas Sungai Opak.

Selain prasarana angkutan darat, Jembatan Kretek II menjadi ikon wisata baru di Bantul. Jembatan Kretek II memiliki ikon yakni Menara Luku.

Baca juga:

Jika berkunjung ke sana, wisatawan akan menjumpai tempat wisata dekat Jembatan Kretek II Bantul.

Wisata dekat Jembatan Kretek II 

Berikut rekomendasi beberapa wisata dekat Jembatan Kretek II Bantul.

1. Taman Nadhiloka

Taman Nadhiloka merupakan obyek wisata berupa edupark yang berada di tepi Jembatan Kretek II pada sisi Kelurahan Parangtritis. Saat berkunjung ke Taman Nadhiloka, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah karena langsung menghadap Sungai Opak.

Taman Nadhiloka juga dilengkapi dengan jogging track dan pedestrian. Pada bagian tengah edupark, tersedia Luku Hotspot yang menjadi titik favorit pengunjung untuk berswafoto dengan latar belakang Menara Luku.

Selain itu, terdapat Monumen Sesar Opak yang dibangun di Taman Nadhiloka.

2. Kano Mangrove Baros

Wisata Kano Mangrove Baros, di Kretek, Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan kegiatan susur sungai sembari melihat hutan mangrove dan panorama sunset. 
Dok. Wisata Kano Mangrove Baros Wisata Kano Mangrove Baros, di Kretek, Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan kegiatan susur sungai sembari melihat hutan mangrove dan panorama sunset.

Kano Mangrove Baros merupakan obyek wisata yang menawarkan aktivitas susur Sungai Baros naik kano selama 30 menit hingga satu jam. Obyek wisata yang baru buka pada Agustus 2022 ini, berjarak sekitar 300 meter saja dari Jembatan Kretek II.

Harga tiket Wisata Kano Mangrove Baros dibagi menjadi dua kategori, yakni paket Rp 25.000 dan Rp 50.000 per orang.

Untuk paket senilai Rp 25.000, wisatawan akan diajak menyusuri Sungai Baros selama 30 menit. Selain itu, wisatawan mendapatkan fasilitas kano, dayung, pelampung, helm, sepatu, dan pemandu. 

Sepanjang perjalanan wisatawan bisa menjumpai hutan mangrove, pohon cemara, tanaman herbal, pohon pandan, bangunan irigasi peninggalan Belanda, dan panorama matahari terbenam (sunset).

3. Pantai Depok

Pantai Depok, Bantul, YogyakartaShutterstock/Haryanta P Pantai Depok, Bantul, Yogyakarta

Pantai Depok terkenal sebagai tempat makan seafood, berdasarkan informasi dari situs Visiting Jogja. Sepanjang pantai, berjajar warung yang menawarkan beragam olahan seafood.

Harga tiket Pantai Depok sangat ramah kantong. Wisatawan cukup membayar tiket masuk Rp 7.500 pada weekday dan Rp 10.000 saat weekend.

Selain itu, wisatawan juga bisa memilih ikan segar langsung dari hasil tangkapan nelayan di tempat pelelangan ikan (TPI). Setelah itu, wisatawan bisa mendatangi warung di tepi pantai yang menyediakan jasa masak seafood.

Sembari menikmati hidangan seafood, wisatawan bisa menyaksikan keindahan panorama Pantai Depok serta aktivitas nelayan. Dari Jembatan Kretek II, wisatawan hanya perlu menempuh jarak sekitar 2,8 km.

Baca juga:

4. Landasan Pacu 

Landasan pacu dekat Pantai Depok, Bantul, JogjaDok. Bantulpedia Pemerintah Kabupaten Bantul Landasan pacu dekat Pantai Depok, Bantul, Jogja

Pantai Depok memiliki sejumlah spot foto Instagramable. Salah satunya adalah landasan pacu Pantai Depok.

Pemandangan landasan pacu di tepi pantai ini, menawarkan pemandangan yang unik sehingga banyak menjadi spot hunting foto atau lokasi prewedding.

Landasan pacu Pantai Depok ini sebenarnya adalah runway yang berfungsi untuk kegiatan aeromodeling dengan panjang 800 meter dan lebar 12 meter. Landasan pacu ini tepat berada di pinggir Pantai Depok yang dikelilingi pohon cemara udang pada sisi kanan dan kirinya.  

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com