Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2023, 19:49 WIB
Markus Yuwono,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan Kretek II di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (2/6/2023).

Ke depannya, jembatan yang menjadi ikon baru Bantul ini rencananya bakal dilengkapi dengan fasilitas wisata untuk menarik kunjungan wisatawan. 

"Tentu dengan kehadiran jembatan kretek II ini selain akan membuka akses baru lalu lintas di jalur lintas selatan juga akan membangkitkan pariwisata, karena jembatan ini juga menjadi objek wisata itu sendiri," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat ditemui wartawan usai peresmian, Jumat. 

Baca juga:

Ia menambahkan, kehadiran Jembatan Kretek II di jalur jalan lintas selatan (JJLS) dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitarnya.

Apalagi saat ini pembangunan JJLS di DIY tinggal 14 kilometer, seeta akan dibangun jembatan lain di jalur tersebut. 

"Sehingga Bantul akan menjadi satu lintas selatan yang sangat penting. Karena ada bangunan ikonik dan dekat objek wisata Pantai Parangtritis," kata Halim. 

Dekat dengan bandara

Selain dekat dengan wisata pantai selatan, Jembatan Kretek II juga terbilang dekat denga Yogyakarta International Airport (YIA).

Jembatan Kretek II, BantulKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Jembatan Kretek II, Bantul

Sehingga, orang-orang yang mendarat di bandara tersebut akan melewati jembatan ini. 

"Dari Jatim langsung ke sini, dari Jabar langsung ke sini. Berarti akses menuju obyek wisata kawasan selatan kita semakin terbuka dan mudah (karena) dekat dengan YIA," kata dia. 

Baca juga:

Untuk diketahui, sebelum diresmikan oleh Jokowi hari ini, sudah dilakukan uji coba fungsional pada Jembatan Kretek II sejak 31 Januari 2023.

Jembatan ini memiliki arsitektur yang indah, karena ada ikon menyerupai bajak sawah (Luku). Adapun Luku merupakan singkatan dari istilah 'Laku Urip Kang Utama'.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com