Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

7 Destinasi Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi

Kompas.com - 28/11/2023, 17:34 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Kabar gembira bagi kamu yang ingin menyusuri keindahan alam dan kekayaan budaya di Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Sebab, kini perjalanan dari Jakarta ke Bangka menjadi lebih sederhana dan terjangkau.

Itu semua terjadi karena layanan penerbangan langsung dari Jakarta ke Bangka telah disediakan berbagai maskapai setiap hari. Alhasil, pelancong kini lebih mudah untuk menjelajahi pesona pulau ini. 

Tidak hanya dikenal dengan keindahan pantainya yang memukau, Bangka juga menyuguhkan warisan budaya yang kaya dan pengalaman wisata tak terlupakan.

Penasaran apa saja wisata yang ada di Bangka Belitung. Yuk, simak ulasan tujuh tempat wisata di Bangka yang wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Pasir Padi

Tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika tiba di Pulau Bangka adalah Pantai Pasir Padi. Pantai ini sangat populer karena berlokasi di Kota Pangkalpinang. 

Baca juga: Wisata Murah Meriah di Pangkalpinang, Pantai Pasir Padi Diserbu Ribuan Pengunjung

Pantai berpasir putih dengan lanskap landai yang luas ini berjarak sekitar 6 kilometer (km) dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang.

Kamu bisa memasuki pantai ini cukup dengan membeli tiket seharga Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 4.000 untuk kendaraan roda empat. Tiket masuk sudah termasuk ongkos parkir selama berada di pantai.

Tidak cukup jika datang ke pantai ini tanpa menikmati kuliner khas setempat. Kamu bisa mencicipi berbagai menu, seperti otak-otak, jagung bakar, bakso, dan tekwan model.

Ada juga restoran olahan hasil laut yang menghadirkan suasana makan bagaikan di atas kapal. Hidangan yang tersedia, antara lain ikan tenggiri bakar, cumi saus tiram, dan ikan lempah kuning.

Pantai Pasir Padi tidak hanya cocok dikunjungi generasi milenial, tetapi juga menjadi pilihan yang pas untuk wisata keluarga. 

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Bangka Tengah, Main ke Pantai dan Hutan Mangrove

Dengan hamparan pasir yang luas, pantai ini cocok jadi tempat bermain anak-anak. Bahkan, pada momen tertentu, Pantai Pasir Padi kerap menjadi lokasi festival budaya dan kuliner tradisional.

2. Pantai Rambak

Jika kamu ingin pantai yang lebih private, kamu bisa bergeser ke Pantai Rambak yang berjarak sekitar 20 km dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang. 

Lokasi Pantai Rambak masih satu kawasan dengan pantai-pantai yang berada di lintas timur Bangka. Di sini, kamu tetap akan menikmati hamparan pasir putih yang luas dan air laut yang jernih.

Pantai Rambak memiliki gugusan batuan granit yang menjadi ciri khas destinasi wisata Bangka Belitung. 

Pantai yang dikelola masyarakat setempat melalui pemerintahan desa ini dilengkapi dengan sejumlah gazebo, menara pemantau, dan tempat pemandian.

Baca juga: Pantai Rambak, Primadona Baru Wisatawan di Pulau Bangka

3. Pantai Tikus Emas

Pantai Tikus Emas berjarak sekitar 45 menit perjalanan menggunakan minibus dari Bandara Depati Amir, Kota Pangkalpinang. Pengunjung bisa memanfaatkan jalan lintas timur yang relatif lebih sepi kendaraan.

Di pantai ini, pengunjung bisa memanfaatkan berbagai wahana untuk liburan keluarga. Ada mainan mobil listrik, berkuda, banana boat, paintball, hingga jet ski.

Kawasan pantai yang luas juga cocok dijadikan lokasi acara pertunjukan atau gathering kantoran. Pantai ini juga memiliki satu spot foto favorit, yaitu tikus emas setinggi 5 meter.

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com