Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Masjid Wonderful Indonesia, Masjid Raya Sumatera Barat Kini Makin Indah

Kompas.com - 28/11/2023, 21:31 WIB
Perdana Putra,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Masjid Raya Sumatera Barat masuk dalam salah satu dari 74 masjid wonderful atau luar biasa di Indonesia berdasarkan e-katalog yang dirilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Masjid dengan arsitektur mirip rumah adat Minangkabau itu merupakan masjid terbesar di Sumatera Barat dan menjadi obyek wisata religi yang dinikmati pengunjung.

Kini, Masjid Raya Sumatera Barat yang terletak di perempatan Jalan Khatib Sulaiman-Raden Saleh Padang itu makin rancak setelah direnovasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Baca juga: 7 Tempat Liburan di Padang Sumatera Barat, Ada Batu Malin Kundang

Ada sejumlah perbedaan mencolok dibandingkan dengan yang dulu, warna cat keemasan di ornamen atau ukiran FRP masjid kini lebih terang.

"Setelah kita rehabilitasi dengan anggaran Rp 8,3 miliar yang dikerjakan PT Bukit Intan Enginering, kini Masjid Raya Sumatera Barat semakin rancak. Warna keemasan semakin terang. Yang pudar kita cat kembali, yang rusak kita perbaiki," kata Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya Tata Ruang (BMCKTR) Sumbar, Erasukma Munaf kepada Kompas.com, Selasa (28/11/2023) di Padang.

Era menyebutkan bahwa sebagai ikon wisata religi di Sumatera Barat yang ramai dikunjungi untuk beribadah sambil berwisata, pihaknya berkepentingan menjaga agar masjid selalu indah.

Perbaikan di Masjid Raya Sumatera Barat

Perbaikan yang telah dilakukan di antaranya untuk lantai dasar berupa pengerjaan injeksi, plafon acp serta lampu.

Sementara di lantai I, perbaikan yang dilakukan berupa pengecatan ornamen atau ukiran FRP yang mulai pudar akibat cuaca. Juga dilakukan penggantian hand railing stainless steel pada pintu besi yang rusak di lantai 1.

Masjid Raya SumbarKompas.com/PERDANA PUTRA Masjid Raya Sumbar

Di ruang shalat juga ada pengerjaan plafon yang semula berbentuk strip vertikal diganti dengan bentuk strip horizontal.

"Pengerjaan rehabilitasi dilakukan hanya pada bagian-bagian yang rusak saja. Kondisi kerusakan yang dominan terdapat pada cat ornamen/ukiran FRP Masjid Raya Sumatera Barat yang sudah mulai pudar. Tidak ada penambahan fungsi baru," kata Era.

Baca juga: Swarnabhumi Harau, Wisata Baru Berlatar Sawah dan Tebing di Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat memiliki luas sekitar 4.430 meter persegi. Pembangunan diawali dengan peletakan batu pertama pada 21 Desember 2007 dan tuntas pada 4 Januari 2019. Masjid terdiri atas 3 lantai dan mampu menampung sekitar 20.000 jemaah.

Arsitektur Terbaik Dunia

Masjid Raya Sumatera Barat pada tahun 2021 juga terpilih sebagai salah satu masjid dengan arsitektur terbaik di dunia versi Abdullatif Al-Fozan Award.

Masjid Raya Sumatera Barat mendapatkan penghargaan sebagai salah satu dari 7 masjid dengan arsitektur terbaik di dunia dan bersaing dengan 201 masjid di 43 negara seluruh dunia.

Baca juga: Wisata ke Masjid Raya Sumatera Barat, Bisa Belajar Tahsin dan Falsafah

7 masjid terbaik dunia itu, yakni Masjid Raja Abdullah di Arab Saudi, Masjid Basuna di Mesir, Masjid Al-Ahmar di Bangladesh, Masjid Raya Sumatera Barat di Indonesia, Masjid Sancaklar di Turki, Masjid Amir Shakib Arslan di Lebanon, dan Masjid Agung Djenne di Mali

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan e-katalog 74 masjid wonderful atau luar biasa di Indonesia pada acara World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 di Padang, Sumatera Barat, Jumat (8/9/2023).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com