Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sederet Warisan Budaya Tak Benda Bakal Ditampilkan di Festival di Sumbar

Kompas.com - 04/09/2023, 22:41 WIB
Perdana Putra,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Puluhan warisan budaya tak benda dari Indonesia dan sejumlah negara ditampilkan dalam Festival Warisan Tak Benda memeringati 20 Tahun Intangible Cultural Heritage UNESCO di Payakumbuh, Sumatera Barat, 12-17 Oktober 2023 mendatang.

Beberapa warisan budaya tak benda dunia asal Indonesia yang ditampilkan seperti pencak silat, angklung, tari saman, dan pantun.

Selain itu, ada pula warisan budaya tak benda dunia dari negara lain, seperti arnis dari Filipina, qauwali dari India, wushu China, tahtib Mesir, dan lainnya.

"Festival ini bertujuan untuk aktivasi warisan tak benda yang sudah ditetapkan UNESCO. Kalau tak diaktivasi bisa dicabut," kata Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Syaifullah kepada wartawan di Padang, Senin (4/9/2023).

Baca juga:

Syaifullah menyebutkan, festival tersebut merupakan inisiasi dari Ketua DPRD Sumbar, Supardi yang juga merupakan Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumbar.

Dari festival itu, kata Syaifullah, diharapkan bisa mendatangkan wisatawan mancanegara dan domestik untuk berkunjung ke Indonesia, khususnya Sumbar.

"Target kami ribuan wisatawan masuk ke Sumbar untuk melihat festival itu," kata Syaifullah.

Menurut Syaifullah, festival di Payakumbuh adalah satu-satunya festival di Indonesia yang menyajikan warisan tak benda.

Diharapkan masyarakat yang berkunjung bisa mencintai budaya yang dimiliki sekaligus mengenal warisan budaya dunia dari negara-negara lain.

"Warisan budaya ini perlu diwariskan lagi ke generasi selanjutnya. Caranya dengan membuat masyarakat mencintai budayanya sendiri," tuturnya.

Baca juga:

Direktur Festival, Metron S mengatakan, sejumlah negara sudah mengkonfirmasi kehadirannya seperti India, Filipina, Malaysia, dan Singapura.

"Sejumlah negara lain seperti Mesir, Cina, dan lainnya sedang kami konfirmasi," kata Metron.

Menurut Metron, persiapan festival sudah berjalan dan tinggal tahap finalisasi.

"Selain warisan tak benda dunia, kami juga menghadirkan warisan budaya nasional dan lokal juga. Nanti juga dilengkapi dengan wisata kuliner dan lainnya," jelas Metron.

@kompastravel Wajah baru TMII akhirnya diresmikan oleh Pak Jokowi! Wah, ini bagus banget sih air mancur menarinya! Bukan air mancur menari biasa, namanya Tirta Cerita, yang menyuguhkan pertunjukan dongeng dengan water screen dan light drone yang indah banget di langit. Bener-bener ga sabar nungguin jadwal kapan air mancur ini ada lagi! Semalam kamu ikutan nonton air mancur ini juga nggak nih?? Ceritain dong wajah baru TMII menurut kamu seperti apa! #tmiijakarta #wajahbarutmii #explorejakarta #jakartahits #jakartaviral ? original sound - Travel Kompascom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com