Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Venesia Direncanakan Masuk Daftar Terancam Punah UNESCO

Kompas.com - 01/08/2023, 21:24 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - UNESCO berencana merekomendasikan Venesia, Italia, masuk daftar warisan dunia yang terancam punah. Rekomendasi tersebut akan dibahas dalam pertemuan UNESCO's World Heritage Committee di Riyadh, Arab Saudi, pada September mendatang.

Adapun rekomendasi itu berdasarkan risiko kerusakan di Venesia yang tidak bisa diperbaiki akibat sejumlah isu, mulai dari perubahan iklim hingga pariwisata massal. 

Baca juga:

"Dampak kerusakan yang terus berlanjut akibat campur tangan manusia, termasuk pembangunan yang terus berlanjut, dampak perubahan iklim dan pariwisata massal berisiko menyebabkan perubahan yang tidak dapat dipulihkan terhadap nilai universal dari properti tersebut," bunyi keterangan dari UNESCO, dikutip dari AFP, Selasa (1/8/2023).

Tidak hanya itu, UNESCO mengingatkan bahwa pembangunan, termasuk gedung-gedung bertingkat, berisiko menimbulkan dampak visual yang negatif secara signifikan.

UNESCO melanjutkan bahwa perubahan yang disebabkan oleh manusia dan alam berdampak terhadap kerusakan struktur bangunan dan area-area perkotaan.

Baca juga: Wisata ke Venesia Italia Bakal Dikenai Tiket Masuk, Segini Harganya

Air di kanal Venesia, Italia biasanya berwarna bening atau biru. Namun pada Minggu (28/5/2023), air kanal berubah jadi hijau neon.UNSPLASH/KIT SUMAN Air di kanal Venesia, Italia biasanya berwarna bening atau biru. Namun pada Minggu (28/5/2023), air kanal berubah jadi hijau neon.

Pihak UNESCO juga menyebut kurangnya progres secara signifikan dari pihak Pemerintah Italia dalam menangani isu-isu tersebut. 

Beberapa kebijakan yang diajukan oleh Pemerintah Italia juga dinilai belum cukup dan harus dikembangkan lebih jauh.

Baca juga:

Sebagai informasi, label "terancam punah" (world heritage list in danger) bertujuan mendorong pelestarian sebuah situs pada masa mendatang.

Dalam kondisi tertentu, sebuah situs dapat dicopot dari daftar Warisan Dunia bila langkah-langkah pelestarian yang diambil dianggap tidak memuaskan.

Sebelumnya Venesia dimasukkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987, namun kondisi wilayah perairan tersebut dinilah mengkhawatirkan dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Venesia Bakal Masuk Daftar Warisan Dunia yang Terancam Punah UNESCO?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com