Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reog Ponorogo Resmi Diajukan sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO

Kompas.com - 16/07/2023, 16:37 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Seni pertunjukan Reog Ponorogo resmi masuk ke dalam daftar pengajuan Warisan Budaya Takbenda (WBTb) UNESCO.

Setelah masuk dalam daftar, Reog Ponorogo akam ikut disidangkam UNESCO di Paris untuk dipatenkan sebagai Warisan Budaya Takbenda dunia asal Ponorogo, Indonesia, seperti dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

“Kita mengusulkan tahun ini untuk Reog agar masuk menjadi ICH UNESCO. Alhamdulillah kemarin dapat kabar baik langsung dari Paris, bahwa Reog sudah masuk daftar persidangan UNESCO. Dan akan disidangkan di tahun 2024 untuk penetapan sebagai ICH,” ujar Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Hilmar Farid di Ponorogo, seperti dikutip dari keterangan resmi, Jumat (13/7/2023).

Baca juga: Ijen Dapat Skor Tertinggi Se-Indonesia Saat Penilaian UNESCO Global Geopark

Meski ada beberapa perbaikan dalam dokumen pengajuan, namun Hilmar optimistis peluang Reog Ponorogo untuk ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda dunia cukup besar. 

Perbaikan tersebut, kata dia, akan dikirimkan dalam dua hingga tiga minggu untuk kemudian menunggu disidangkan. 

“Memang ada perbaikan, tapi cuma sedikit," ucap Hilmar. 

Baca juga: 10 Desa Wisata di Gunungkidul, Ada Lokasi Geopark yang Diakui UNESCO

Hilmar berharap, masuknya Reog Ponorogo ke dalam daftar  Warisan Budaya Takbenda dunia dapat menjadi bagian dari upaya pelestarian dan kaderisasi Reog Ponorogo untuk peningkatan ekonomi kreatif pendukungnya.

“Utamanya bagi komunitas, sanggar-sanggar seniman Reog yang selama ini aktif, karena reog mendunia dan nantinya akan sangat strategis sekali,” kata dia.

Festival Nasional Reog Ponorogo 2023, Aloon-Aloon Ponorogo, Jawa Timur, (15/7/2023). Reog Ponorogo telah diajukan sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO. DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Festival Nasional Reog Ponorogo 2023, Aloon-Aloon Ponorogo, Jawa Timur, (15/7/2023). Reog Ponorogo telah diajukan sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

Sementara itu, pada waktu terpisah, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko berharap proses pengajuan ini berjalan lancar. 

"Mudah-mudahan semuanya berjalan dengan lancar," ujar Sugiri di Festival Nasional Reog Ponorogo 2023 di Aloon-aloon Ponorogo, Sabtu (15/7/2023), seperti dikutip dari keterangan resmi. 

Baca juga: Surakarta dan Depok, Wakil Indonesia di Jejaring Kota Kreatif UNESCO

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com