Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute ke Candi Abang Sleman, Bisa Dilalui Mobil 

Kompas.com - 29/11/2023, 20:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Candi Abang merupakan salah satu candi yang unik karena berada di atas bukit. Lokasi Candi Abang berada Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Keunikan Candi Abang tersebut, membuatnya terpilih menjadi salah satu lokasi syuting Gadis Kretek.

Serial orisinal Indonesia yang fenomenal tersebut, menjadikan  Candi Abang sebagai setting makam Dasiyah atau Jeng Yah (diperankan Dian Sastrowardoyo) pada episode terakhir Gadis Kretek. 

Baca juga:

Berbeda dengan bangunan candi pada umumnya, Candi Abang sekilas tampak seperti bukit. Sebab, lokasi candi berada di puncak sebuah bukit setinggi enam meter, berdasarkan informasi dari situs Kemdikbud.

Jika dilihat sekilas tidak ada yang menyangka terdapat sebuah situs candi di atas bukit tersebut.

Penempatan bangunan candi di atas bukit, berhubungan dengan kepercayaan masyarakat pada masa Hindu-Buddha. Pada masa itu, tempat yang tinggi dianggap sebagai tempat yang suci tempat tinggal para dewa dan dewi.

Pada musim hujan, bukit tersebut akan terlihat hijau, sebaliknya pada musim kemarau akan menjadi gersang, berdasarkan informasi dari Kompas.com (8/12/2022).

Struktur yang berhasil ditampakkan dari kegiatan ekskavasi di Candi Abang, SlemanDok. Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY Struktur yang berhasil ditampakkan dari kegiatan ekskavasi di Candi Abang, Sleman

Sayangnya, kini bangunan Candi Abang tersisa dalam bentuk puing, berdasarkan informasi dari situs Kemdikbud. Karena tersisa puing, maka dari jauh tampak Candi Abang berupa gundukan tanah yang ditumbuhi rumput.

Nama Candi Abang diberikan lantaran bangunan candi terbuat dari batu bata berwarna merah. Abang berasal dari bahasa Jawa yang berarti merah.

Penggunaan batu bata sebagai material penyusun candi, menjadi keunikan tersendiri bagi Candi Abang. Sebab, candi-candi di Yogyakarta pada umumnya menggunakan batuan andesit sebagai material.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com